Kronologi Tenggelamnya KM Resky di Perairan Pangkep - Celebesmedia

Kronologi Tenggelamnya KM Resky di Perairan Pangkep

Rini - 02 December 2023 21:26 WIB

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - KM Resky yang memuat 15 penumpang tenggelam di perairan Pangkep setelah dihantam ombak tinggi, Sabtu (2/12/2023) sore.Dalam kejadian ini 5 penumpang ditemukan tewas dan 10 lainnya selamat. 

"Kami terima laporan dari Pak Camat Tuppabiring Sabtu sore 2 Desember mengenai kecelakaan kapal KM Resky di perairan Pangkep sekitar Pulau Balang Caddi, sekitar 6,5 km dari Pelabuhan Sabang. Rute kapal Pulau Pajennekang menuju pelabuhan Pangkep," kata  Kepala Basarnas Makassar Mexianus Bekabel kepada awak media, Sabtu (2/12).

Baca juga: KM Resky Tenggelam di Perairan Pangkep, 5 Penumpang Tewas

Berdasarkan keterangan tertulis Basarnas Makassae yang diterima CELEBESMEDIA.ID, berikut kronologi kapal penumpang Pulau Pajenekang tenggelam di Perairan Pangkep

Pada hari Sabtu tgl 02 Desember 2023 sekitar pukul 13.25 wita, kapal penumpang Pulau Pajenekang KM Reski bergerak dari Pulau Pajenekang menuju Pangkep dengan membawa penumpang sebanyak 15 orang yang diantaranya 4 orang perempuan dan 7 orang laki laki yang dikemudikan oleh Sbd Latif umur 40 th.

Saat kapal KM Reski melewati Pulau Balang Caddi tiba-tiba hujan datang disertai angin kencang dan ombak besar sehingga kapal Reski tersebut oleng ke kiri dan sehingga tidak bisa mengendalikan kemudinya lantaran dihantam ombak yang disertai angin kencang.Penumpang yang ada di atas kapal jatuh ke laut dan kapal KM Reski tenggelam ke dasar laut.

Kapal Papalimbang Pulau Balang Lompo, Pulau Balang Caddi yang melihat kejadian tersebut ikut menolong korban dan selanjutnya korban dievakuasi di Pulau Balang Lompo dan dibawa ke Puskesmas Pulau Balang Lompo.

Korban atas nama Hasmira dan Mariana ikut tenggelam dan tidak bisa berenang sehingga korban tersebut terseret arus dan pada saat ditolong oleh kapal yang melihat kejadian kedua korban sudah meninggal dunia

Diperkirakan masih ada sekitar 3 (tiga) orang penumpang yang terperangkap di dalam kapal KM Reski pada saat kejadian dan tidak bisa keluar dari kapal.


Tag