KM Resky Tenggelam di Perairan Pangkep, 5 Penumpang Tewas

Proses penyelamatan korban kapal KM Resky yang tenggelam di perairan Pangkep, Sabtu (2/12) sore - (ist)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Kapal KM Resky yang mengangkut 15 penumpang mengalami tenggelam di Perairan Pangkep, Sulawesi Selatan, Sabtu (2/12/2023).

Kapal penumpang tersebut tenggelam di perairan Pangkep sekitar Pulau Balang Caddi, sekitar 6,5 km dari Pelabuhan Sabang.

Kepala Basarnas Makassar Mexianus Bekabel membenarkan KM Resky tenggelam di perairan Pangkep.

"Kami terima laporan dari Pak Camat Tuppabiring Sabtu sore 2 Desember mengenai kecelakaan kapal KM Resky di perairan Pangkep sekitar Pulau Balang Caddi, sekitar 6,5 km dari Pelabuhan Sabang. Rute kapal Pulau Pajennekang menuju pelabuhan Pangkep," jelasnya kepada awak media, Sabtu (2/12).

Ia pun mengungkapkan dari 15 penumpang, 10 orang berhasil diselamatkan, 5 orang meninggal.

"Sepuluh korban selamat, 5 meninggal. Awalnya dari 5 baru 2 ditemukan dalam keadaan tak bernyawa, sedangkan 3 dalam pencarian," jelasnya.

"Jadi ketiga orang yang hilang ditemukan terperangkap di kapal," lanjutnya.

Dua korban tewas yang lebih dulu ditemukan yakni Asmira dan Mariana. Sedangkan 3 korban tewaa yang ditemukan sekitar pukul 19:54 Wita yakni Hj Sofa. Sitti tewas yakni Asmira dan Mariana.

KM Resky dilaporkan tenggelam di Perairan Balang Caddi, Pangkep, Sabtu (2/12) sekitar pukul 15.10 Wita. Namun karena hantaman ombak tinggi, kapal tersebut tenggelam di perairan pangkep.

"Tiba-tiba hujan datang disertai angin kencang dan ombak besar sehingga KM Resky tersebut oleng ke kiri sehingga tidak bisa mengendalikan kemudinya," kata Kepala Pelaksana BPBD Pangkep Muslimin Yusuf.