Ini Pesan Wabup Selayar di Pembukaan Fespaki 2024

CELEBESMEDIA.ID, Selayar - Ditandai dengan pemukulan kentongan, Wakil Bupati H. Saiful Arif secara resmi membuka Festival Pramuka Kreatif (Fespaki) 2024 di Lapangan Upacara SMK 3 Kepulauan Selayar pada Sabtu (12/10) pagi.

Fespaki 2024 ini merupakan salah satu kegiatan prestasi yang dikemas dalam bentuk perlombaan dalam rangka meningkatkan jiwa kreatif dan inovatif Pramuka Penggalang dan Penegak. 

Membuka kegiatan, Wabup Selayar Saiful Arif menyampaikan rasa syukur dan apresiasinya atas  terselenggaranya Festival Pramuka Kretaif 2024 yang diharapkan bisa membentuk karakter generasi muda kreatif, kuat dan mandiri. 

Menurut dia, Gerakan Pramuka merupakan salah satu wadah pembentukan karakter yang membantu pemuda Indonesia menjadi individu yang tangguh, berintegritas tinggi, dan berani menghadapi tantangan.

Kata Wabup, setiap anggota Pramuka perlu mejadi pribadi yang mandiri, memegang teguh Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka sebagai panduan menjadi jiwa muda yang gemar berkarya, memiliki tanggung jawab untuk menjadi teladan bagi masyarakat di sekitarnya. 

Untuk itu, Wabup berpesan kepada segenap anggota Gerakan Pramuka di Bumi Tanadoang untuk terus berkreasi, berkarya dalam wadah Gerakan Pramuka, mengisi waktu dengan kegiatan yang positif dan produktif.

"Jadilah generasi penerus bangsa yang mampu membawa masa depan yang lebih baik dan cerah untuk negeri ini. Jadilah Patriot bangsa yang tetap kokoh menghayati dan mengamalkan Pancasila, menjaga Bhinneka Tunggal Ika demi kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia," tandasnya.

Mengusung tema "Ciptakan Tunas Muda Kreatif Menuju Indonesia Maju" kegiatan ini dijadikan sebagai sarana untuk mengasah keterampilan anggota pramuka di tingkat Penggalang dan Penegak. 

Selain itu Fespaki ini dimaksudkan sebagai alat pendidikan bagi siswa siswi untuk menjadi generasi muda yang tangguh, menjadi generasi perekat, memiliki moral, mental dan budi pekerti yang bijaksana, yang akan menjadikan manusia yang memiliki jiwa Pancasila, setia dan patuh, serta siap membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia.