Wabup Selayar Canangkan Program Padat Karya Dirjen Perhubungan Laut

CELEBESMEDIA.ID, Selayar - “Anyyorong Lopi, salah satu kearifan lokal masyarakat Kepulauan Selayar. Tradisi ini hilang terkikis seiring perkembangan zaman, ini perlu kita hidupkan dan pelihara kembali untuk membangun kekuatan di tengah pandemi Covid, sebab pada kegiatan tersebut rasa kebersamaan, gotong royong muncul, rasa senasib, rasa sepenaggungan itu bangkit”.

Demikian sepenggal harapan yang disampaikan Wakil Bupati Kepulauan Selayar, Saiful Arif dalam sambutannya, Kamis (15/7/2021),  pada Pencanangan Program Padat Karya Tahun Anggaran 2021, di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut UPP Kelas III Selayar-Jampea, yang dilaksanakan di Pelataran Pelabuhan Rauf Rahman Benteng.

Lanjut Wabup Saiful, Program Padat Karya merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat, yang memupuk rasa kebersamaan, gotong royong dan partisipasi masyarakat yang diharapkan mampu membangkitkan kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat.

Olehnya itu, atas nama pemerintah kabupaten Kepulauan Selayar, Saiful Arif mengucapkan terima kasih, apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran Kantor unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Selayar dan Jampea yang telah mewujudkan program ini di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Berharap masyarakat yang direkrut dalam Program Padat Karya ini, memanfaatkan kesempatan dengan sebaik-baiknya demi terwujudnya hasil yang efektif dan esfisien sesuai dengan sasaran program yang ditetapkan, sehingga program ini dapat dilanjutkan kembali.

Kepala UPP Kelas III Jampea, Anwar Karim pada laporannya menyampaikan bahwa Program Padat Karya Direktorat Jenderal Perhubungan Laut ini bekerja sama dengan Komisi V DPR RI dan pendampingan langsung dari Komite II DPD RI, dan Khusus Selayar Jampea didampingi Anggota DPD RI Andi Muhammad Ikhsan.

Program ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat kurang mampu, mengurangi pengangguran, memupuk rasa kebersamaan dan gotong royong, serta meningkatkan sosial budaya dan ekonomi dimasa Pandemi Covid-19.

Sementara, Kepala UPP Kelas III Selayar, Taufan Eka Putra menyebut Program Padat Karya Tahun Anggaran 2021 ini meliputi pekerjaan Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Kantor Fasilitas Pelabuhan Laut Selayar dan Jampea dengan melibatkan 130 Tenaga Kerja.

“Program ini melibatkan tenaga kerja masyarakat sekitar pelabuhan, dengan sistem upah harian, harapannya ekonomi masyarakat terbantu dan meningkat, akibat pandemi Covid-19,” ucapnya.

Pelaksanaan Pencanangan Program Padat Karya ditandai dengan Pemasangan Rompi Kerja dan Penyerahan Peralatan Kerja oleh Wakil Bupati didampingi Kadis Perhubungan, Kepala UPP Kelas III Selayar dan Kepala UPP Kelas III Jampea, dengan tidak mengabaikan Protokol Kesehatan.