Bank Indonesia Siap Dukung Festival Taka Bonerate

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Selatan siap mendukung dana penyelenggaraan Festival Taka Bonerate (FTB) yang digelar pada Oktober mendatang.

Direktur BI Perwakilan Sulsel, Rudy Bambang Wijanarko mengungkapkan, besaran dana tersebut belum ditentukan karena proposal event tersebut akan didalami terlebih dahulu.

Selain itu juga perlu dikomunikasikan dengan Bank-bank lain yang mungkin bisa berkontribusi,  serta dikomunikasikan dengan pimpinan Pusat BI. 

"Konsentrasi dan Komitmen kami untuk mengembangkan perekonomian Sulawesi Selatan, terutama peningkatan kunjungan Wisman dan WisNU, khususnya melalui Wisata Bahari di Selayar, masih tetap tinggi," tegas Rudy.

Direktur BI Perwakilan Sulawesi Selatan Rudy menegaskan hal itu saat Tim Pemda Kepulauan Selayar beraudience dengan BI dan diterima di Kantor BI Sulsel lantai 3, dipimpin Wakil Bupati Saiful Arif didampingi Kadis Pariwisata Selayar Hisbullah Kamaruddin dan Kabid Pemasaran Sri Nurnaningsih, Selasa (31/5/2022) pagi.

Wabup Kepulauan Selayar, Saiful Arif kemudian memaparkan rencana kegiatan dan estimasi anggaran Fesitval Taka Bonerate dihadapan Rudy Bambang Wijanarko, didampingi tiga Direktur BI Sulsel. Hadir dalam audience tersebut, pejabat Disbudpar Sulsel, Al Teken, Kabid Pemasaran, Ahmad Yusran, Kasi Promosi, dan Lansana, Kasi Event.

"Festival Taka Bonerate merupakan salah satu event wisata berskala nasional yang lolos bersama 4 event lainnya di Sulawesi Selatan dalam seleksi yang cukup ketat oleh Tim Nasional," papar Teken.

FTB akan dilaksanakan di daratan Selayar dan Taman Nasional Taka Bonerate selama 6 hari, 23-28 Oktober dengan target kunjungan sekitar 1.000 wisatawan, baik mancangara maupun domestik.

"Estimasi nilai transaksi Rp1,7 miliar pada aspek akomodasi, transportasi, atrakasi seni dan budaya, kuliner, souvenir, diving, snorkling dan land tour, yang diharapkan berdampak positif pada ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan," jelas Saiful Arif.

Rangkaian kegiatan dikemas dalam 5 komponen kegiatan besar, meliputi 1. Selayar Selaut, Sebangsa, mencakup Selayar Fhising Compotition, Selayar Expo, Lomba Sampan Tradisional, Lomba Tarik Tambang di atas Perahu, Lomba Permainan Rakyat dan Festival Bajo; 2. Wonderful Selayar, mencakup Pementasan Seni Budaya Lintas Kab/Kota se-Sulsel, Tarian Massal, Gala Diner, Panggung Hiburan; 3. Eksplorasi Taka Bonerate, 4. Sail dan Sale  Selayar, serta 5. Tourism Photografi.

Di akhir acara, Wabup Saiful Arif menyatakan siap melengkapi data dan informasi pendukung sebagai bahan dalam koordinasi dengan bank lain serta konsultasi dengan BI Pusat, serta bersedia hadir jika dibutuhkan.