Wabup Selayar Minta Petugas SP4N Lapor Cepat Tindak Lanjuti Aduan
CELEBESMEDIA.ID, Selayar - Pemerintah Kabupaten Kepulauan
Selayar melalui Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian (Kominfo-SP) kerja sama
USAID Erat melakukan Technical Assistance terkait penguatan fungsi dan tugas
tim administrasi dan pejabat penghubung perangkat daerah pengelola Sistem
Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional - Layanan Aspirasi dan
Pengaduan Online Rakyat (SP4N Lapor) di Lingkungan Pemkab Selayar.
Technical assistance ini dibuka oleh Wakil Bupati Kepulauan
Selayar H. Saiful Arif, SH di Ruang Pola Kantor Bupati, Rabu (30/10/2024).
Hadir Plt. Kadis Kominfo SP Hj. Andi Dwiyanti Musrifah
Basli, SE.M.M bersama perwakilan USAID Erat Selayar H. Baharuddin Solongi
sekaligus sebagai moderator, Kabid Humas IKP
Andi Sandra Esty Abriany dan para pimpinan OPD pengelola SP4N Lapor.
Sementara narasumber yang hadir secara daring adalah Deputi
Pelayanan Yanlik Kementerian PanRB, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sulawesi
Selatan, bersama USAID Erat Dr. Sad Dian Utomo bersama Sarwan Sahabuddin.
Wakil Bupati Selayar Saiful Arif menyampaikan bahwa, SP4N
Lapor sebagai kanal pengaduan masyarakat yang terintegrasi secara nasional yang
diluncurkan oleh Kemenpan-RB sangat potensial untuk meningkatkan kualitas
pelayanan publik.
”Dengan penanganan laporan yang efektif, kanal ini dapat
menjadi wadah penyelesaian masalah fungsi pelayanan publik pemerintah kepada
masyarakat,” ucap Saiful Arif.
Disebutkan, secara garis besar ada beberapa hal yang
diharapkan menjadi hasil atau output dari kegiatan lokakarya tersebut.
”Saya berharap melalui kegiatan ini, tim administrasi dan
pejabat penghubung perangkat daerah pengelola SP4N Lapor dalam lingkup
Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, akan memiliki pemahaman yang lebih baik
terkait kebijakan dan alur pengelolaan pengaduan melalui SP4N Lapor, serta
lebih memahami tugas dan tanggung jawabnya. Selain itu saya juga berharap para
pejabat penghubung perangkat daerah memiliki komitmen untuk menindaklanjuti
aduan, aspirasi dan permintaan informasi secara cepat dan berkualitas,” pinta
Saiful Arif.
Diakhir sambutannya, Saiful Arif mempertegas agar OPD
pengelolan SP4N Lapor diminta untuk mempercepat tindak lanjut sekaligus
memperbaiki kualitas tindak lanjut.
Sedangkan Plt. Kadis Kominfo SP Hj. Andi Dwiyanti Musrifah
Basli dalam laporannya menyebutkan, terkait SP4N Lapor di Kabupaten Kepulauan
Selayar adalah kegiatan yang kelima kalinya dalam kurun waktu tahun 2024.
”Kami terus melakukan follow up untuk menunjukkan keseriusan
Dinas Kominfo-Sp dalam mengoptimalkan penggunaan aplikasi Lapor. Hal ini
dikarenakan pelayanan publik dewasa ini telah menjadi isu yang semakin
strategis karena kualitas kinerja birokrasi dalam memberikan pelayanan publik
memiliki implikasi yang luas dalam kehidupan bermasyarakat,” jelasnya.
Sementara Kabid Humas IKP Andi Sandra Esty Abriany yang membidangi pengelolaan SP4N Lapor tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar, memaparkan terkait perkembangan terkini pengaduan dan pertisipasi masyarakat terkait pelayanan publik melalui aplikasi SP4N lapor di Kabupaten Kepulauan Selayar.
Kendati disebutkan sejumlah kendala dalam pengelolaan aplikasi ini,
namun dirinya berharap pasca technical Assitance pengelolaan SP4N lapor di
Kabupaten Kepulauan Selayar semakin baik dan berkualitas pada semua Organisasi
Perangkat Daerah.