Pengamat Ekonomi: Tanah Kavling Punya Keuntungan Investasi Jangka Panjang - Celebesmedia

Pengamat Ekonomi: Tanah Kavling Punya Keuntungan Investasi Jangka Panjang

Ariani - 21 November 2018 19:57 WIB

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Secara umum, hunian khususnya tanah kavling masih tercatat sebagai jenis properti yang paling ingin dimiliki. Minat konsumen justru lebih tinggi terhadap tanah dan ruko ketimbang hunian vertikal (apartemen).

Tingginya minat terhadap tanah tak terbatas pada tanah pribadi, karena tanah industri dan komersial juga mengundang minat yang tinggi. Rumah dengan harga di bawah Rp 200 Juta juga tetap menjadi primadona, termasuk rumah subsidi.

Melihat hal tersebut, Pengamat Ekonomi Universitas Bosowa (Unibos) Makassar Lukman Setiawan mengatakan tanah kavling dianggap memiliki keuntungan investasi jangka panjang daripada apartemen.

“Meski lokasi apartemen umumnya berada di area super strategis dan fasilitas lengkap, pilihan memiliki hunian ini belum bisa menggeser rumah dari prioritas utama,” jelasnya.

Khusus di kota Makassar sendiri, lukman menjelaskan hanya investor-investor kelas atas yang dapat memiliki tanah di kawasan strategis di Makassar. Hal tersebut dikarenakan harganya yang sangat melejit.

“Para pengembang untuk tanah di kota Makassar sudah dalam kategori mahal utamanya dalam Nilai Jual Objek Pajak (NJOP), sehingga para pengembang menengah beralih ke wilayah pinggiran kota Makassar,” tambahnya.

Hal ini telah menjelaskan jika tanah kavling sangat menjanjikan, baik untuk di kota Makassar sendiri yang telah diincar oleh investor kelas kakap. Namun, hal ini juga terbukti bila tanah kavling khusus di perkotaan sendiri sudah kurang dan harga yang sangat mahal.

Tag