Rekomendasi Wisata Eksotis di Banyuwangi - Celebesmedia

Rekomendasi Wisata Eksotis di Banyuwangi

CITIZEN - 09 December 2022 22:50 WIB

CELEBESMEDIA.ID: Makassar - Belakangan, keindahan alam tempat-tempat wisata di Banyuwangi pun terangkat juga, membuat daerah ini mulai dilirik sebagai salah satu destinasi wisata ideal untuk liburan.

Berikut rekomendasi wisata di banyuwangi:

1. Kawah Ijen  Foto: Blue Fire Kawah Gunung Ijen (canva)

Terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Kawah Ijen terkenal bukan saja karena kawah hijaunya yang menawarkan panorama indah, tapi juga pertambangan belerangnya yang ikonik.Kawah Ijen juga memiliki fenomena unik Blue Fire atau api biru.

2. Taman Nasional Baluran


Foto: Wisata Baluran (canva)

Pemandangan ala savana Afrika yang ternyata ada di Jawa Timur ini menjadi daya tarik utama Taman Nasional Baluran. Selain menikmati savana ala Afrika di Baluran, kamu juga bisa bertemu dengan satwa liar termasuk rusa-rusa yang lucu, dan berfoto dengan lanskap yang magis di di Savana Bekol, hingga mampir ke Pantai Bama yang tak jauh dari sana.

3. Dialoog Banyuwangi

Dialoog sejatinya bukan tempat wisata, melainkan sebuah hotel bintang 4 di pinggir pantai Banyuwangi. Namun berkat keindahannya yang mengingatkan kita pada resort-resort pinggir pantai di Bali, Dialoog menjadi begitu populer dan menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi mereka yang ingin liburan ke Banyuwangi.

4. Pantai Pulau Merah

Pantai ini mengambil nama dari hal yang membuatnya unik: tak jauh dari pantai, terdapat "pulau" kecil dengan bukit yang tinggi, dan pulau ini memiliki tanah berwarna merah. 

5. Teluk Hijau


Foto: Green Bay Banyuwangi (canva)

Terletak di dalam area Taman Nasional Meru Betiri, seperti namanya, Teluk Hijau atau Green Bay adalah sebuah teluk yang memiliki air berwarna hijau turquoise yang indah, dengan pasir putih yang lembut.

6. Pantai Sukamade

Pantai Sukamade terkenal sebagai area konservasi penyu, di mana hampir setiap malam penyu dewasa akan mampir ke pantai dan mengubur telur-telurnya. Sementara pagi-pagi, bayi-bayi penyu biasanya akan keluar dari telur-telur yang dikubur, dan berjuang untuk menuju lautan.

7. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung adalah salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang terkenal di kalangan pecinta surfing di seluruh dunia. Sebab, inilah salah satu pantai terbaik di dunia untuk surfing bagi para profesional, berkat ombak besarnya yang bergulung-gulung! Bahkan konon, ombak di Pantai Plengkung hanya kalah dari Hawaii sebagai ombak terbaik untuk surfing.

8. Pulau Tabuhan


Foto: Pantai Tabuhan Banyuwangi (canva)

Terletak di utara Selat Bali, Pulau Tabuhan adalah pulau kecil yang terlepas dari Pulau Jawa namun masih menjadi bagian dari Kabupaten Banyuwangi. Bukan hanya keindahan pulau saja yang membuat tempat ini cukup populer, namun juga karena kecepatan angin di area sekitar pulau yang konsisten di angka 20-25 knot membuat tempat wisata di Banyuwangi yang satu ini terkenal sebagai area terbaik untuk bermain kiteboarding.

9. De Djawatan


Foto: De Djawatan (canva)

De Djawatan aslinya merupakan kawasan hutan lindung milik Jawatan Perhutani. Di area ini, terdapat 50 pohon trembesi yang besar dan terlihat unik. Dulunya, area ini terlihat menyeramkan karena tak terurus, namun sejak dilakukan penataan kembali oleh pihak pemerintah Banyuwangi, De Djawatan kini menjadi salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang sangat keren.

10. Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo memiliki bentuk area yang unik, karena terletak Semenanjung Blambangan yang terletak di ujung tenggara Pulau Jawa. Enggak cuma savana, area Taman Nasional Alas Purwo juga punya hutan bakau atau mangrove, hutan gugur tropis, dan beberapa pantai indah seperti Pantai Plengkung.

Tag