Pengertian Empati dan Contohnya - Celebesmedia

Pengertian Empati dan Contohnya

CITIZEN - 01 November 2022 23:45 WIB

CELEBESMEDIA.ID: Makassar - Empati adalah suatu sikap yang dimiliki seseorang untuk menyadari perasaan, kepentingan, kehendak, masalah, atau kesusahan yang dirasakan orang lain. 

Secara sederhana, empati adalah ikut merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain. Contoh empati yaitu mendengarkan dan memperhatikan dengan seksama ketika seseorang berbicara kepada kita.

Karakteristik seseorang yang memiliki sikap empati ini bisa dilihat dari kepedulian yang tinggi dan kebaikan terhadap orang lain. Selain itu, seseorang yang mudah berempati bisa menjadi pendengar yang baik dan pandai memahami perasaan orang lain.

Rasa empati yang kebanyakan dimiliki oleh individu dengan kepribadian ambivert ini dibutuhkan untuk membangun hubungan sosial dengan baik. Dengan sikap empati, seseorang akan mampu melihat apa yang terjadi di dunia dengan kacamata lebih luas.

Jika sikap simpati muncul karena adanya rasa pernah di posisi yang sama dengan orang lain. Maka, empati bisa muncul meski belum pernah mengalami peristiwa yang dialami orang lain.

Tag