Hari Ini Gerhana Bulan 'Super Blood Wolf Moon', Tidak Terlihat di Indonesia - Celebesmedia

Hari Ini Gerhana Bulan 'Super Blood Wolf Moon', Tidak Terlihat di Indonesia

Apriani - 21 January 2019 14:10 WIB

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Fenomena langit tahun 2019 diawali dengan Gerharna Bulan Total (Supermoon) yang disebut juga Super Blood Wolf Moon hari ini, Senin (21/1/2019). Dilansir dari Guardian, Fenomena ini terjadi mulai pukul 02.35 hingga pukul 04.40 waktu Inggris.

Gerhana Bulan Total ini tidak terlihat di langit Indonesia. "Gerhana bulan total (blood moon) tidak bisa terlihat karena saat itu di Indonesia siang hari," Kepala Lembaga Astronomi dan Penerbangan Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin, Senin (21/1/2019).

"Gerhana bulan total tidak bisa diamati di Indonesia. Hanya Amerika dan Eropa," tambahnya seperti dilansir dari CNNIndonesia.com.

Supermoon ini adalah fenomena ketika Bulan pada posisi lebih dekat dengan Bumi karena orbitnya yang berbentuk elips. Hal itulah yang akan membuat Bulan terlihat 30 persen lebih bercahaya dan besar ketika berada pada posisi yang lebih dekat dengan Bumi.

Gerhana bulan ini menjadi sangat langka sehingga ia dijuluki Super Blood Wolf Moon. Fenomena ini terjadi ketika bulan berada di orbit terdekat dengan bumi (super) dan akan berwarna kemerahan (blood) saat jelang terjadinya fenomena gerhana. Hal ini terjadi karena Bulan memantulkan cahaya Matahari menjelang gerhana total.

 

Di sisi lain, sebutan wolf yang berarti serigala, sedangkan wolfmoon diambil dari Alamanac Petani Kuno di negara-negara Barat ketika bulan purnama terjadi di Januari, seperti dilaporkan BGR.

 

Thomas mengatakan, fenomena itu akan terjadi hari ini, Senin (21/1/2019), sepanjang malam.

Tag