Antisipasi Bencana, Kemensos Bangun Lumbung Sosial di Selayar - Celebesmedia

Antisipasi Bencana, Kemensos Bangun Lumbung Sosial di Selayar

PROMOTED - 11 September 2024 07:29 WIB

CELEBESMEDIA.ID, Selayar - Dalam Bakti Sosial Kementerian Sosial (Baksos) RI di Kabupaten Kepulauan Selayar telah membangun lumbung sosial di Jalan Binakarya, Kecamatan Benteng. 

Lumbung Sosial ini kata Dirjen Rehabilitasi Sosial Kemensos RI, Supomo adalah sebagai upaya memperkuat ketangguhan masyarakat terhadap bencana hingga disiapkan fasilitas logistik dari dekat.

Meski tidak dirinci berapa stok logistik yang ada, namun kata Supomo lumbung sosial adalah sebagai sebuah kesiapsiagaan pemenuhan logistik bila terjadi bencana, terlebih Wilayah Kabupaten Kepulauan Selayar termasuk kategori rawan bencana.

"Tujuan kita siapkan lumbung sosial adalah untuk mengantisipasi adanya bencana, sehingga kita tidak perlu lagi membawa bantuan dari jauh. Jadi lumbung sosial ketika terjadi bencana, masyarakat bisa langsung disuplai dari lumbung itu. Dengan demikian masyarakat yang membutuhkan bisa lebih cepat tertangani," jelas Supomo didampingi Wabup Selayar Saiful Arif saat meninjau langsung lumbung sosial di Kabupaten Kepulauan Selayar, Senin (9/9/2024) siang.

Lumbung sosial lanjut Supomo bukan hanya ada di Selayar, tetapi di beberapa tempat di Indonesia telah dibangun lumbung yang sama, khususnya daerah-daerah yang rawan bencana.

Dalam keterangannya, Kementerian Sosial telah menerapkan manajemen pengelolaan barang yang bisa dipantau dari Kemensos di Jakarta, bukan hanya pemantauan ketersediaan barang, tetapi termasuk barang-barang yang sudah masuk masa expired.

Seperti diberitakan sebelumnya, bakti sosial Kemensos di Kabupaten Kepulauan Selayar, juga diserahkan bantuan-bantuan kepada masyarakat kurang mampu dan penyandang disabilitas, pembangunan sarana air bersih, pemeriksaan kesehatan, operasi katarak dan kegiatan lainya. Untuk penyerahan bantuan bukan hanya dilakukan di daratan Pukau Selayar tetapi hampir menyebar di seluruh wilayah Kabupaten Kepulauan Selayar termasuk di Kepulauan.

"Tim kami di Selayar dari Kemensos sudah ada satu bulan lebih untuk melakukan assesment agar bantuan itu benar-benar tepat sasaran. Pasca penyerahan bantuan tim kami masih akan tetap di Selayar, untuk memastikan peralatan yang kami bantukan bisa dimanfaatkan secara baik yang kemudian peningkatan kesejahteraan bisa lebih baik," tutup Supomo.

Tag