Pasar Karuwisi, Pasar Terpanjang di Makassar - Celebesmedia

Pasar Karuwisi, Pasar Terpanjang di Makassar

Ariani - 30 November 2018 16:00 WIB

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Pasar tradisional adalah pasar yang ditandai dengan bertemunya penjual dan pembeli dalam sebuah transaksi hingga terdapat sistem tawar-menawar.

Salah satu keunikan dari pasar tradisional adalah tempatnya yang padat namun menjadi daya tarik tersendiri bagi para pembeli karena hanya di pasar tradisional segala barang murah ada di tempat tersebut.

Pasar yang juga memiliki keunikan tersendiri adalah pasar Karuwisi. Pasar ini disebut dengan pasar terpanjang yang ada di Makassar. Saking panjangnya lokasi dari pasar ini berada diantara batas kelurahan Karuwisi dan Kelurahan Maccini.

Saat ditemui CELEBESMEDIA.ID, Jumat (30/11/2018) salah seorang pedagang sayur-mayur di pasar Karuwisi mengatakan pasar ini sudah ada sejak tahun 1960-an tapi pernah berhenti beroperasi karena dilarang berjualan.

“Namun seiring dengan diperlukannya para pedagang, kami kembali lagi berjualan hingga menjadi lokasi pasar yang sangat panjang sampai jalan Maccini,” tutur Nurcaya (60).

Pasar Karuwisi saat ini juga disebut pasarnya Maccini. Bertempat di areal jalan Keamanan, pedagang dari pasar ini kebanyakan berasal dari penduduk sekitar pasar Karuwisi namun para langganannya tinggal disekitar Maccini.

Biasanya operasional aktivitas dipasar ini dibuka dari pukul 05.00 s/d 18.00 Wita setiap harinya.

Tag