Rekomendasi 7 Wisata Alam Ngehits di Medan - Celebesmedia

Rekomendasi 7 Wisata Alam Ngehits di Medan

CITIZEN - 20 October 2022 22:00 WIB

CELEBESMEDIA.ID: Makassar - Medan adalah pusat kota Sumatera Utara memiliki banyak keindahan alam yang bisa kamu jelajahi. Mulai dari tempat wisata seperti pantai, air terjun, danau, hingga tempat wisata sungai bisa kamu temukan di sini. Selain itu, semua tempat wisata tersebut pun sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas menarik yang semakin membuat para pengunjung yang datang ke sini nyaman. Berikut destinasi wisatanya:


1. Bukit Indah Simarjarunjung


Foto: Bukit Indah Simarjarunjung (google.com)

Bukit Indah Simarjarunjung menghadirkan panorama cantik Danau Toba. Setelah dikelola menjadi sebuah tempat wisata, bukit ini pun semakin menarik. Para pengunjung bisa melihat banyak pepohonan pinus lengkap dengan berbagai spot yang sedang populer, seperti gardu pandang, rumah pohon hingga ayunan. Bisa dibilang kalau tempat wisata ini mirip dengan spot-spot selfie yang ada di Kulo Progo dan Kali Biru.

Sedangkan, untuk harga tiket masuknya juga sangat terjangkau yakni hanya sekitar Rp 5.000 per orang dan kamu akan dikenakan beberapa biaya tambahan untuk setiap wahana lainnya.


2.Bukit Paropo Silalahi

Foto: Bukit Paropo Silalahi (phinemo)

Wisata alam di Medan telah menjadi lokasi favorit untuk camping bagi para traveler. Untuk sampai ke puncak bukit, kamu tidak perlu sulit-sulit untuk mendaki karena konturnya sangat mudah untuk dijangkau. Selain camping kamu bahkan juga bisa melakukan kegiatan lainnya, seperti memancing.

Masuk ke area perbukitan para pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 4.000 per orang. Sedangkan, untuk kamu yang membawa kedaraan bermotor akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 15.000 per sepeda motor.


3. Tangkahan – Langkat

Foto: Tangkahan, Langkat (canva)

Wisata alam di Medan ini termasuk ke dalam tempat ekowisata yang berada di Desa Namo Sialang, Batang Serangan, Langkat. Tangkahan – Langkat sendiri hanya bisa dijangkau melalui jalur darat. Kamu bisa menggunakan kendaraan seperti motor, mobil hingga bus untuk sampai ke sini.

Ada berbagai kegiatan alam menarik, seperti halnya memandikan gajah. Para wisatawan nantinya diperbolehkan untuk menunggangi gajah di hutan bersama dengan pawang dan belajar untuk mengenali hutan lebih lanjut. Tidak hanya berinteraksi dengan gajah saja, di sini para pengunjung juga bisa mandi di sungai dan melakukan olah raga ekstrem seperti arung jeram.


4. Arum Jeram Sungai Wampu


Foto: Arum Jeram Sungai Wampu (karogaul)

Sungai Wampu memang sudah lama dikenal sebagai salah satu tempat arung jeram di kawasan Medan, Sumatera Utara. Wisata alam ini juga mengalir melalui 2 kabupaten di Sumtera Utara yaitu kabupaten Karo dan kabupaten Langkat.

Berbeda dengan sungai lainnya, Sungai Wampu memiliki cabang anak sungai. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi kamu yang memang suka dengan olah raga ekstrem. Tetapi, kamu tidak perlu takut karena selama berarum jeram kamu akan didampingi oleh pemandu professional.


5. Bukit Lawang

Kawasan Sumatera memang memiliki berbagai macam keanekaragaman hayati dan hewani. Karena itulah, di sini kamu akan menemukan banyak tempat wisata menarik dengan latar alam, seperti halnya Bukit Lawang.

Selain terkenal dengan arus sungainya yang jernih, Bukit Lawang juga menjadi tempat untuk pengamatan Orang Utan. Adanya orang utan di kawasan ini tidak lain adalah karena Bukit Lawang masuk ke dalam kawasan hutan lindung Taman Nasional Gunung Leuser.

Di dalam area bukit kamu akan melihat gubuk-gubuk lesehan yang bisa disewakan oleh para pengunjung yaitu seharga Rp 70.000. Selain itu, di Bukit Lawang kamu juga bisa menyewa jasa pemandu untuk trekking menyusuri hutan berbukit.


6. Air Terjun Dua Warna


Foto: Air Terjun Dua Warna (celotehpraja)

Dengan ketingian sekitar 1270 meter di atas permukaan laut, air di sini berasal dari Gunung Sibayak. Tidak hanya sekedar nama saja, air terjun dua warna memang memiliki dua gradasi warna dari biru hingga toska. Hal tersebut terjadi karena adanya perbedaan kandungan fosfor dan belerang di dalam airnya.

Tidak hanya menjadikan warna dari air di sini berbeda, dengan adanya unsur fosfor juga menjadikan suhu airnya pun berbeda yakni dingin pada bagian biru dan hangat pada bagian abu-abu. Para pengunjung yang datang diperbolehkan untuk melakukan berbagai macam kegiatan, seperti halnya bersantai di pinggir air terjun hingga berenang di dalam kolamnya.


7. Pulau Mursala, Sibolga


Foto: Pulau Mursala, Sibolga (portalwisata)

Bagi kamu yang ingin liburan ke Medan dengan suasana pantai bekunjunglah ke Pulau Marsala, Sibolga. Tempat ini menjadi sangat populer setelah menjadi lokasi syuting film Hollywood, King Kong. Di sana, para penunjung yang datang bisa menikmati keindahan pulau, mulai dari pantai pasir putihnya, air laut yang jernih hingga air terjun Pulau Mursala yang ketinggiannya mencapai 35 m.

Karena berada di tengah pulau, aliran air di Pulau Mursala pun mengalir langsung ke laut sehingga menjadi pemandangan menarik tersendiri. Kalau kamu bosan, bisa langsung melakukan island hopping ke pulau-pulau sekitarnya. Dengan keindahan tersebut, tidak heran mengapa Pulau Mursala menjadi tempat favorit bagi banyak wisatawan dalam negeri dan luar negeri.

Tag