5 Destinasi Wisata Dieng Wonosobo Ini Wajib Kamu Kunjungi - Celebesmedia

5 Destinasi Wisata Dieng Wonosobo Ini Wajib Kamu Kunjungi

CITIZEN - 21 October 2022 23:45 WIB

CELEBESMEDIA.ID: Makassar - Dieng terletak di daerah Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah ini mempunyai sejumlah destinasi dengan panorama alam menakjubkan dan menarik untuk dikunjungi.

Semuanya ada, mulai dari pegunungan, bukit, situs bersejarah, sampai wisata air, sehingga pilihan tempat berlibur Anda menjadi beragam. Berikut daftar tempat wisatanya.


1. Batu Pandang Ratapan Angin Dieng


Foto: canva

Batu Pandang Ratapan Angin Dieng ini berlokasi di Jalan Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah, buka setiap hari mulai pukul 6 pagi sampai 6 sore.

Disebut Batu Ratapan Angin karena posisinya berada di ujung tebing tinggi dengan bentuk dua batu menumpuk. Konon bebatuan tinggi nan eksotis itu terjadi karena aktivitas gunung berapi.

Dari atas ketinggian batu tersebut, pengunjung bisa melihat langsung hamparan hijau tanah dieng sekaligus telaga pengilon yang asri dan sejuk.

Untuk menikmati suasana lebih tenang, Anda bisa datang di hari-hari biasa pada pagi atau sore sebelum tutup. Tiket masuknya cukup terjangkau sekitar Rp10 ribu.


2. Bukit Sikunir


Foto: canva

Wisata Dieng yang terkenal selanjutnya ada Bukit Sikunir dan disebut-sebut fenomenal, berada di kawasan dataran tinggi Dieng pada ketinggian 2.263 mdpl.

Banyak pengunjung menyebut bahwa Sikunir ini Golden Sunrise. Jika Anda mendaki pagi hari ke bagian tertingginya, siap-siap akan dimanjakan dengan panorama indah yang membentang.

Jika ingin mendaki dan menyaksikan langsung matahari terbit alias sunrise, sebaiknya mulai naik pada pukul 5 dini hari. Jalur pendakian Bukit Sikunir termasuk mudah untuk dilalui karena memiliki banyak anak tangga.

Waktu tempuhnya diperkirakan 30-45 menit hingga ke puncak bukit. Biaya masuknya hanya Rp10 ribu, belum termasuk biaya parkir kendaraan.


3. Candi Arjuna


Foto: canva

Terletak di Desa Dieng Kulon, Banjarnegara, Candi Arjuna merupakan bangunan candi Hindu peninggalan era Kerajaan Mataram kuno.

Candi ikonis di kawasan Dieng memang sudah terkenal di kalangan wisatawan. Konon candi tersebut berdiri dengan kisah sejarah sangat panjang dan masih kokoh berdiri saat ini.

Kompleks wisata Candi Arjuna dikelola oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjarnegara. Oleh karenanya, ada tiket masuk yang harus dibayarkan setiap wisatawan.

Tiket masuknya seharga Rp20 ribu, namun tiket itu hanya berlaku untuk masuk ke area candi dan tidak termasuk tempat wisata lain meski masih dalam satu kompleks.


4. Kawah Sikidang


Foto: canva

Masih di kompleks wisata Dieng yang tak jauh dari Candi Arjuna, pengunjung dapat sekaligus melenggang ke Kawah Sikidang.

Kawah Sikidang merupakan lapangan kawah di dataran tinggi Dieng yang masih aktif mengeluarkan gas dan uap air. Kawah Sikidang ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Arena kawah Sikidang menawarkan banyak spot foto menarik di setiap sudutnya dengan nuansa alam yang alami.

Untuk harga tiket masuknya sekitar Rp15 ribu dan tidak termasuk tiket kendaraan bermotor yaitu Rp3 ribu dan mobil Rp5 ribu.


5. Telaga Warna

Foto: canva

Bergeser sedikit dari Kawah Sikidang, masih di kompleks wisata Dieng juga terdapat Telaga Warna yang memiliki kedalaman mencapai 15 meter.

Telaga Warna di kawasan wisata Dieng yang terkenal ini, pada bagian dasarnya dikelilingi lumpur, batu, serta dihuni belasan jenis ikan.

Disebut Telaga Warna karena airnya bisa berubah-ubah karena efek kandungan belerang cukup tinggi pada telaga ini.

Terkadang pengunjung bisa melihat air telaga berwarna hijau agak biru, namun sesekali berubah jadi kuning. Selain suasana asri, tiket masuknya masih murah Rp15 ribu per orang.

Tag