Penghentian Siaran TV Analog di Makassar Lagi-lagi Ditunda - Celebesmedia

Penghentian Siaran TV Analog di Makassar Lagi-lagi Ditunda

Rini - 22 May 2023 22:42 WIB

CELBESMEDIA.ID, Makassar - Penerapan Analog-Switch Off (ASO) atau penghentian siaran TV analog  di Sulawesi Selatan-1 (Sulsel-1) lagi-lagi ditunda.

Semula Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mewacanakan akan memberhentikan TV analog di wilayah Sulsel-1 pada Sabtu 20 Mei kemarin. Namun ditunda hingga Juni 2023.

Penundaan ini sudah kali ketiga. Sebelumnya mengutip laman kominfo.go.id, jadwal penerapan ASO di wilayah Sulsel-1 masuk dalam tahap 1 yang harusnya mulai berlaku sejak 30 April 2022 lalu.

Sulsel-1 meliputi Kabupaten Takalar, Gowa, Maros, Pangkajene Kepulauan dan Kota Makassar.

Namun karena pendistribusian set top box (STB) belum mencapai target sehingga molor hingga tanggal 20 Desember 2022.

Sayangnya tanggal 20 Desember 2022, ASO di Sulsel-1 belum juga terealisasi. Pendistribusian STB kembali menjadi alasan penundaan kedua. Pemerintah kemudian mengulur waktu penerapan ASO di Sulsel-1 ke 20 Mei 2023.

Sejumlah televisi pun mulai berbenah. Bahkan sudah melakukan uji siaran TV Digital. Namun sama pada kejadian sebelumnya hingga hari ini, Senin 22 Mei, penerapan ASO di Sulsel-1 belum juga terlaksana.  

Ketua KPID Sulsel, Irwan Ade Saputra mengatakan ASO di Sulsel-1 kembali harus ditunda karena lagi-lagi target pendistribusian STB belum mencapai target.

"Salah satu syarat ASO dilaksanakan adalah distribusi set top box (STB) harus mencapai 90% sedangkan pada bulan Mei ini Sulsel baru mencapai 70%, ini menjadi kendala mengapa ASO di Sulsel mengalami penundaan dan belum dilakukan," jelasnya saat menghadiri Jalan Santai Anti Mager di depan Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Minggu (21/5).

Ia pun mengakui jika tim lapangan kesulitan dalam mendistribusikan STB karena kendala teknis. 

"Distribusi STB itu tidak hanya dikasi, ada data sistem dari kementerian. Anggaplah nama si A harus terima, turunlah tim ke bawah mencari si A tersebut hidup atau tidak, itu yang bikin lama, alamatnya dicari. Pada saat alamat itu dicari dan tidak ada berarti harus diskip. Kedua harus diinstal, tidak hanya dikasi, harus dipasangkan," sambungnya

Pemerintah pun kembali menunda penerapan ASO di wilayah Sulsel-1 ke Juni 2023.

"Jika sesuai dengan simulasi, kita akan melakukan ASO pada bulan awal Juni, sambil menunggu arahan jadwal dari Kominfo,  berdasarkan hasil survei yang dilakukan per Desember masyarakat Sulsel secara umum utamnya Makassar sudah siap. " jelasnya.

Sebagai informasi, bantuan STB gratis ini ditujukan kepada kelompok masyarakat rumah tangga miskin (RTM) ekstrem. Kriteria penerima manfaat itu berdasarkan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE).

Sementara dari data Kominfo distribusi set top box TV digital gratis di wilayah Sulsel-1 yang sudah disalurkan itu baru 33.671 unit dari seharusnya 51.669 unit.

ASO atau Analog Switch Off adalah penghentian siaran TV analog yang sepenuhnya dialihkan ke siaran TV digital.

Mengutip keterangan resmi dari Kominfo, Rabu (2/11/2022), tujuan siaran TV digital agar masyarakat bisa menyaksikan siaran TV dengan kualitas gambar yang lebih bersih dan suara yang lebih jernih.

Laporan : Zulfikar

Tag