3 Film Indonesia Rating 100 Persen di Rotten Tomatoes - Celebesmedia

3 Film Indonesia Rating 100 Persen di Rotten Tomatoes

Rini - 12 July 2024 19:45 WIB

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Rotten Tomatoes adalah situs web yang menyediakan informasi tentang film dari seluruh dunia. 

Cara memberikan penilaian Situs agregator ini dengan mengumpulkan semua review atau ulasan film dan serial televisi dari berbagai publikasi dan kritikus kemudian mentabulasikan skor dalam persentase.

Dari ribuan film yang ada di dunia, ada beberapa film Indonesia yang mendapat rating 100 persen di Rotten Tomatoes

1. Opera Jawa (2006

Opera Jawa adalah film musikal yang disutradarai oleh Garin Nugroho. Film ini menghadirkan konflik yang sering ditemukan pada kehidupan sehari-hari, seperti masalah cinta segitiga, masalah sosial, politik, dan perekonomian yang mengorbankan rakyat kecil. 

Film ini pun mendapatkan skor 100% di Rotten Tomatoes dari ulasan 17 kritikus. Para kritikus menilai film Opera Jawa memiliki penceritaan yang indah dan juga terasa segar. 

Film ini pernah meraih dua Piala Citra di ajang Festival Film Indonesia, untuk kategori “Skenario Adaptasi Terbaik” dan juga “Penata Musik Terbaik” di tahun 2006.

2  Penyalin cahaya (2021)


Film Penyalin Cahaya selain tayang di festival film internasional, film ini juga berhasil meraih total 12 Piala Citra di Festival Film Indonesia, sehingga menjadikannya film dengan raihan piala terbanyak di ajang tersebut.

Film ini mengisahkan perjalanan pelik seorang mahasiswi bernama Suryani (Shenina Syawalita Cinnamon) dalam mengungkapkan kebenaran di balik permasalahan yang menimpa dirinya. Kejanggalan dimulai selepas diadakannya malam pesta perayaan kemenangan Teater Matahari di rumah Rama (Giulio Parengkuan), sang penulis naskah dari teater tersebut. Swafoto Suryani yang tengah mabuk tersebar di media sosial dan membuat dirinya kehilangan beasiswa kuliah.

Meski tidak rilis di bioskop secara umum, film ini tayang lewat layanan streaming Netflix sehingga bisa disaksikan oleh masyarakat global. Hal inilah yang membuat filmnya mendapat ulasan kritikus luar negeri di Rotten Tomatoes dan meraih skor 100% dari total 11 ulasan.

Para kritikus menilai Penyalin Cahaya berhasil menggambarkan buruknya kehidupan sosial konservatif di Indonesia. Penampilan Shenina Cinnamon sebagai pemeran utama dalam film ini juga mendapat pujian dari para kritikus.

3. Pengabdi Setan 2: Communion (2022)


Film Indonesia berikutnya yang mendapat skor 100% di Rotten Tomatoes adalah Pengabdi Setan 2: Communion yang disutradarai oleh Joko Anwar. 

Film yang masih ditulis dan digarap oleh Joko Anwar ini mengisahkan kelanjutan kisah keluarga Suwono bertahan hidup usai teror horor ibu dalam Pengabdi Setan (2017). Film ini melanjutkan kisah keluarga Rini yang kini tinggal di sebuah rumah susun dan kembali mendapatkan berbagai teror mengerikan. 

Ada 13 kritikus yang mengulas film ini menyebut bahwa film Pengabdi Setan 2 berhasil menghadirkan elemen horor yang lebih inovatif dan terasa seram.


Tag