Pengisi Suara Doraemon Nobuyo Oyama Meninggal Dunia, Ada Riwayat Dimensia - Celebesmedia

Pengisi Suara Doraemon Nobuyo Oyama Meninggal Dunia, Ada Riwayat Dimensia

Rini - 11 October 2024 20:01 WIB

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Pengisi suara Doraemon,  Nobuyo Oyama meninggal dunia pada Minggu (29/9). Namun Namun, informasi kematiannya ini baru tersebar ke publik hari ini, Jumat (11/10).

Ia meninggal dunia dunia di usianya yang ke-90 tahun. Kabar duka itu baru diumumkan berbagai media lokal Jepang, termasuk The Japan Times. 

 pada usia 90 tahun. Pengisi suara karakter kartun ikonis itu meninggal karena usia pada Minggu (29/9).

mengembuskan napas terakhir pada 29 September 2024. Namun, informasi kematiannya ini baru tersebar ke publik hari ini, Jumat (11/10). Menurut catatan sejarah, Nobuyo mengisi suara Doraemon selama 26 tahun lamanya

Pada 2015, Nobuyo Oyama dikonfirmasi mengalami demensia. Saat itu Oyama yang sempat melebarkan sayapnya dengan mengisi suara karakter Monokuma dalam serial anime Danganropa: The Animation dan Wooser's Hand-to-Mouth Life: Awakening Arc. Namun harus ditunda tanpa batasa waktu akibat penyakit deminsia yang dideritanya.

Pada akhirnya Oyama batal kembali menjadi pengisi suara Monokuma dalam proyek Danganropa pada 2016.

Oyama kemudian menghabiskan waktunya di panti jompo sejak mengalami demensia. Selama itu kondisinya sehat meski demensia yang dialami semakin parah.

Jejak Karir Nobuyo Oyama

Nobuyo Oyama lahir di Tokyo, Jepang, pada 1933. Ia  merintis karier di industri hiburan dan mulai menjadi pengisi suara ketika menjadi dubber serial Lassie pada 1957.

Sejak saat itu ia menjadi pengisi suara profesional dan bergabung dalam serial Hustle Punch (1965) dan Sazae-san (1969).

Selain itu beberapa anime yang melibatkan Nobuyo Oyama yakni Norakuro, Hazedon, hingga Invincible Super Man Zambot 3.

Pada 1979, Oyama bergabung menjadi pengisi suara serial kartun Doraemon dan  terpilih menjadi pengisi suara karakter utama.

Kiprah itu melambungkan nama Oyama, seiring dengan popularitas Doraemon.

Ia juga menjadi pengisi suara Doraemon untuk proyek-proyek karakter itu bahkan pada movie dan video gim Doraemon. Mengutip Antara, Oyama mengisi karakter Doraemon selama 26 tahun.

Tag