Nelayan Hanyut dari Bira ke Jeneponto Ditemukan Selamat - Celebesmedia

Nelayan Hanyut dari Bira ke Jeneponto Ditemukan Selamat

Rini - 18 July 2024 19:25 WIB

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Seorang nelayan, Salling (50) ditemukan selamat di Perairan Jeneponto, Kamis (18/7/2024).

Salling dilaporkan hilang kontak oleh pihak keluarganya, Rabu (17/7). Ia hanyut dari Perairan Bira tempatnya memancing hingga ke Peraira  Jeneponto. 

Korban ditemukan berada di atas perahunya yang ternyata mengalami mati mesin dan hanyut.

"Sekitar pukul 11.39 Wita korban ditemukan Tim SAR gabungan setelah perahu miliknya hanyut hingga perairan Jeneponto," terang Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Makassar, Muhammad Arif Anwar, 

Keluarga korban dan para nelayan yang mencari sehari sebelumnya sudah tidak menemukan keberadaan korban di lokasi biasa memancing akhirnya melaporman ke tim SAR Gabungan.

Pencarian korbab menggunakan RIB (Rigid Inflatable Boat) langsung mengevakuasi korban menuju pelabuhan Birea Bantaeng untuk dijemput keluarganya.

"Alhamdulillah korban selamat dan sudah dievakuasi ke pelabuhan Birea Bantaeng untuk diserahkan ke keluarganya," imbuh Arif Anwar.

Arif Anwar kembali mengimbau kepada nelayan untuk memperhatikan keselamatan dirinya saat hendak melaut. Utamanya melengkapi dengan pelampung dan alat komunikasi sederhana agar bila terjadi kondisi darurat bisa melakukan komunikasi dan meminimalkan risiko.

"Semoga kejadian ini bisa menjadi perhatian khusus betapa pentingnya nelayan melengkapi diri dengan alat keselamatan berupa pelampung dan alat komunikasi sederhana, agar jika terjadi kondisi tidak diinginkan bisa segera melaporkan ke keluarga atau pihak berwenang," tutup Arif Anwar.

Tag