CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Dinas Pariwisata dan Ekonomi
Kreatif (Disparekraf) Kota Makassar sedang menggenjot penggunaan produk lokal . Salah satu upayanya dengan menghidupkan brand fashion lokal. Produk fashion tersebut dibuat di Makassar yang kemudian juga diberi brand atau merek lokal Makassar.
Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Makassar Muhammad
Roem bahkan menginstruksikan kepada seluruh staf Disparekraf untuk menggunakan brand fashion lokal khusus di hari Jumat. Ia pun mengajak warga untuk memakai produk lokal
Makassar.
“Kita mulai Explore Makassar For Local Brand, memakai hasil
produksi dari brand lokal tersebut. Jadi seluruh pegawai Dinas Pariwisata
setiap hari Jumat harus memakai brand lokal. ada kok brand lokal itu tidak
semahal yang lain, bisa dijangkau dengan dompet kita.” Ujar Kadis Dinas
Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Makassar, Muhammad Roem yang dikutip dalam
program Celebrate Makassar, Kamis (15/12/2022).
Dengan satu langkah kecil ini diharapkan brand fashion lokal
Makassar nantinya akan dikenal di kancah nasional. Brand fashion lokal Makassar, kata
Muhammad Roem, bahkan tidak kalah kualitas dengan brand fashion dari daerah
lain.
“Kualitasnya tidak kalah saing dengan brand lainnya, salah
satu brand Makassar yang dikenal yakni Bajiki, Vibes, Mandike dan lainnya,”
jelas Muhammad Roem.
“Kita bukan lagi bangga, kan kemarin ada kampanye banggalah
dengan buatan lokal, sekarang kita harus memakai buatan lokal. Kualitasnya
sangat tidak diragukan dengan harga yang terjangkau, modelnya sudah pasti,”
lanjutnya.
Ia pun menegaskan dengan menggenakan brand fashion lokal, berarti
turut berkontribusi menghidupkan dunia usaha ekonomi kreatif warga Makassar.
“Saya yakin anak Makassar memiliki kreativitas. Sudah pasti punya kreativitas yang sangat
sangat luar biasa tidak kalah dari teman-teman yang memang sudah dari dulu kita
tahu chordnya ada di Bandung Jakarta itu kalau fashion kan Jakarta dan Bandung
tapi kita Makassar tidak kalah,”lanjutnya.
Ia pun yakin jika hasil produksi lokal Makassar akan tembus di pasar fashion nasional dan internasional, termasuk dari segi kualitas produk. Terbukti dengan semakin menjamurnya toko brand fashion lokal Makassar.
“Kita lihat bagaimana
toko-toko sekarang clothing itu menjamur, bagaimana brand-brand sepatu adalah
anak-anak Makassar sendiri dengan menggunakan nama mereka bahkan. bayangkan
bahwa nama mereka dijadikan sebuah brand dan itu ada pembelinya. berarti itu
menandakan kualitasnya sangat baik,” tutupnya.
Laporan Andi Ainul Aftani UMI