Siap-siap Siaran TV Analog di Sulsel akan Dimatikan - Celebesmedia

Siap-siap Siaran TV Analog di Sulsel akan Dimatikan

Rini - 11 May 2023 20:49 WIB

CELEBESMEDIA.ID, Makassar -  Siaran analog akan dimatikan. Warga pun diminta untuk bersiap-siap beralih ke siaran digital.

Siaran analog di Sulawesi Selatan satu meliputi Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Takalar, Maros, Pangkep dijadwalkan akan dihentikan mulai tanggal 20 Mei 2023.

Staf khusus Menkominfo, Rosarita Niken Widiastuti mengatakan  syarat penghentian siaran analog adalah jika pendestribusian STB di wilayah terkait sudah mencapai 90 persen.

Sementara saat ini di wilayah Sulsel realisasi pembagian STB baru sekitar 28 ribu atau diangka 54 persen.

Untuk itu, ia meminta agar seluruh pihak yang terkait bisa bekerjasama menyelesaikan proses distribusi Set Top Box (STB) ke daerah-daerah di Sulsel sebelum tanggal 20 Mei 2023 mendatang.

"Untuk distribusi STB di Sulsel saat ini memang masih sekitar 54 persen. Padahal untuk penutupan siaran tv analog itu paling tidak dibutuhkan 90 persen," jelas Rosarita dalam Rapat Koordinasi Persiapan Penghentian Siaran Televisi Analog di Sulawesi Selatan, Kamis (11/5).

"Masih ada waktu beberapa hari lagi dan kami harapkan penyelenggara mux yang memang belum optimal agar bisa mengejar ketertinggalan. Kalau tidak terpenuhi tidak ada sanksi tapi tentu ini merugikan bagi masyarakat," lanjutnya.

Rapat tersebut dihelat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) di Hotel Claro.

Sementara Plt Sekprov Sulsel, Andi Darmawan Bintang mengatakan perubahan siaran analog ke digital di sulsel diharapkan mampu memberikan kemudahan akses informasi untuk masyarakat.

"Masyarakat Sulawesi Selatan sangat mengharapkan adanya penyediaan stb ini. Kita berharap ini bis menambah kecepatan arus informasi. Ini juga merupakan sebuah hadiah bagi kita pada era transformasi digital. Kita berharap dengan adanya peubahan ini informasi ke masyarakat bisa lebih baik lagi," katanya.

Selain menggelar rapat koordinasi, pihak panitia juga membagian puluhan STB kepada perwakilan masyarakat kurang mampu yang ikut hadir dalam kegiatan ini.

Laporan : Wahyu Saputra

Tag