CELEBESMEDIA.ID, Selayar - Sebagai upaya perluasan
pemanfaatan SP4N LAPOR!, Bidang Humas Diskominfo Kabupaten Kepulauan Selayar kerjasama
Usaid Erat melakukan pertemuan dengan Jaringan Simpul Lapor.
Kegiatan yang melibatkan Kelompok Masyarakat, Perempuan,
Karang Taruna, Disabilitas, LSM dan Media, dihadiri pihak Kemenpan RB, Ombusdman
Sulsel, Kadis Kominfo Pemprov Sulsel, Kordinator Usaid Erat dan Yasmid Sulsel,
dibuka resmi Asisten Pemrintahan Setda Ir. M. Yunan Krg Tompobulu di Ruang Pola
Kantor Bupati, Kamis (19/9).
Mewakili Bupati, Yunan Krg Tompobul dalam kesempatan itu
menekanan bahwa keterlibatan masyarakat sangat penting dalam penyelenggaraan
pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik.
“Masyarakat dengan keterlibatan yang lebih tinggi dan
intensif tidak hanya akan meningkatkan kualitas pelayanan publik, tetapi juga
akan membangun citra dan kepercayaan antara pemerintah dan masyarakat,”
ujarnya.
Dia menambahkan, penerapan SP4N LAPOR! merupakan sarana Pemerintah, guna menjawab atas ketidakjelasan
informasi yang beredar, baik yang bereder di media sosial maupun beredar di tengah masyarakat sekaitan
dengan program Pemerintah, yang langsung terkoneksi ke instansi berwenang.
Pada kesempatan sebelumnya, Rozihin dari Kemenpan RB,
menyampaikan apresiasinya pada Pemerintah Kabupaten Selayar atas penerapan SP4N
Lapor!, disebutnya belum banyak daerah yang menerapkan.
Lanjut dikatakan, dengan ditetapkannya SP4N-LAPOR! sebagai
aplikasi umum, maka seluruh instansi wajib menggunakan SP4N-LAPOR! dalam
mengelola pengaduan pelayanan publik.
Apresiasi serupa juga datang dari Koordinator Usaid Erat
Sulsel, disampaikan bahwa kemajuan pemanfaatan SP4N Lapor di lingkup Pemkab Selayar
sangat signifikan meski baru memulai.
"Sebagai Fasilitator kami salut dengan kinerja dan upaya
yang terus dilakukan Pemkab Selayar terkhusus teman-teman Humas Diskominfo,"
cetusnya.
Sementara itu, Kabid Humas Diskominfo, Andi Sandra Esty
mengharapkan pasca kegiatan ini kedepannya ada peningkatan pengaduan masyarakat
melalui kanal layanan SP4N Lapor.
“Makin banyak aspirasi dan pengaduan masyarakat akan semakin
bagus karena menandakan bahwa tingkat partisipasi masyarakat dalam proses
pembangunan dan penyelenggaraan tata kelola pemeritahan serta layanan publik,
itu sangat besar,” katanya.
Untuk diketahui, Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan
Publik Nasional (SP4N) - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!)
adalah layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat yang
terintegrasi secara Nasional dengan laman akses website www.lapor.go.id.