Libatkan Disabilitas, Humas Pemkab Selayar Perluas Kolaborasi Simpul SP4N LAPOR - Celebesmedia

Libatkan Disabilitas, Humas Pemkab Selayar Perluas Kolaborasi Simpul SP4N LAPOR

PROMOTED - 19 September 2024 15:16 WIB

CELEBESMEDIA.ID, Selayar - Sebagai upaya perluasan pemanfaatan SP4N LAPOR!, Bidang Humas Diskominfo Kabupaten Kepulauan Selayar kerjasama Usaid Erat melakukan pertemuan dengan Jaringan Simpul Lapor.

Kegiatan yang melibatkan Kelompok Masyarakat, Perempuan, Karang Taruna, Disabilitas, LSM dan Media, dihadiri pihak Kemenpan RB, Ombusdman Sulsel, Kadis Kominfo Pemprov Sulsel, Kordinator Usaid Erat dan Yasmid Sulsel, dibuka resmi Asisten Pemrintahan Setda Ir. M. Yunan Krg Tompobulu di Ruang Pola Kantor Bupati, Kamis (19/9).

Mewakili Bupati, Yunan Krg Tompobul dalam kesempatan itu menekanan bahwa keterlibatan masyarakat sangat penting dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik.

“Masyarakat dengan keterlibatan yang lebih tinggi dan intensif tidak hanya akan meningkatkan kualitas pelayanan publik, tetapi juga akan membangun citra dan kepercayaan antara pemerintah dan masyarakat,” ujarnya.

Dia menambahkan, penerapan SP4N LAPOR! merupakan sarana  Pemerintah, guna menjawab atas ketidakjelasan informasi yang beredar, baik yang bereder di media sosial  maupun beredar di tengah masyarakat sekaitan dengan program Pemerintah, yang langsung terkoneksi ke instansi berwenang.

Pada kesempatan sebelumnya, Rozihin dari Kemenpan RB, menyampaikan apresiasinya pada Pemerintah Kabupaten Selayar atas penerapan SP4N Lapor!, disebutnya belum banyak daerah yang menerapkan.

Lanjut dikatakan, dengan ditetapkannya SP4N-LAPOR! sebagai aplikasi umum, maka seluruh instansi wajib menggunakan SP4N-LAPOR! dalam mengelola pengaduan pelayanan publik.

Apresiasi serupa juga datang dari Koordinator Usaid Erat Sulsel, disampaikan bahwa kemajuan pemanfaatan SP4N Lapor di lingkup Pemkab Selayar sangat signifikan meski baru memulai.

"Sebagai Fasilitator kami salut dengan kinerja dan upaya yang terus dilakukan Pemkab Selayar terkhusus teman-teman Humas Diskominfo," cetusnya.

Sementara itu, Kabid Humas Diskominfo, Andi Sandra Esty mengharapkan pasca kegiatan ini kedepannya ada peningkatan pengaduan masyarakat melalui kanal layanan SP4N Lapor.

“Makin banyak aspirasi dan pengaduan masyarakat akan semakin bagus karena menandakan bahwa tingkat partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan dan penyelenggaraan tata kelola pemeritahan serta layanan publik, itu sangat besar,” katanya.

Untuk diketahui, Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) adalah layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat yang terintegrasi secara Nasional dengan laman akses website www.lapor.go.id.

Tag