PSM Makassar Pencetak Pemain Muda Bertalenta - Celebesmedia

PSM Makassar Pencetak Pemain Muda Bertalenta

Bucek - 08 October 2024 17:49 WIB

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - PSM Makassar layak disebut sebagai pencetak pemain muda bertalenta. Musim ini saja Juku Eja banyak dihuni pemain muda.

Juara Liga 1 2024/25 ini punya 13 pemain dengan rata-rata usia di bawah 22 tahun. Tak hanya sebagai pelengkap kuota U-22, pemain-pemain muda PSM juga sudah menjadi pilihan pelatih Bernardo Tavares untuk mengisi starting eleven.

Salah satunya Ananda Raehan. Pemilik nomor punggung 8 ini selalu menjadi pilihan Tavares mulai pekan pertama sampai pekan ketujuh Liga 1 2024/25.

Ananda bermain penuh determinasi di posisi gelandang bertahan Pasukan Ramang. Statistik mencatat, Ananda sudah bermain selama 575 menit musim ini.

Tavares dalam beberapa kali kesempatan press conference juga mengatakan PSM adalah tim dengan pemain muda terbanyak di liga. Juga menit bermain terbanyak untuk pemain di bawah U-22.

“Kami banyak mengandalkan pemain-pemain muda hasil dari akademi. PSM juga banyak memberi mereka kesempatan untuk bermain,” katanya.

Selain Ananda, pemain muda lainnya yang menonjol adalah Abdul Rahman. Berposisi sebagai sayap kanan, Rahman kerap menjadi super-subnya Tavares. Sejak didatangkan dari RANS Nusantara awal musim lalu, Rahman sudah mencetak tiga gol untuk PSM.

Satu gol di Turnamen Pra musim, Piala Presiden 2024. Satu gol di Liga 1 2024/25 dan satu gol di Kompetisi ASEAN Cup 2024. Ketiga gol itu dicetak Rahman saat dimainkan sebagai pemain pengganti.

Tiga gol Rahman membuatnya menjadi topskor kedua PSM Makassar, setelah Nermin Haljeta dengan lima gol. 

Pemain muda lainnya yang banyak menyita perhatian adalah Ricky Pratama. Striker jebolan Akademi PSM Makassar berusia 21 tahun. Dari tujuh laga di Liga 1, Ricky tak pernah absen bermain. Lima laga di starting eleven dan dua sisanya sebagai pemain pengganti.

Musim lalu, Ricky mencetak satu gol dan tiga assist untuk PSM dari 20 kali penampilan. Sedangkan musim ini baru satu assist yang dibukukan pesepak bola asal Sidoarjo ini. Setelah Ananda dan Ricky, pemain muda PSM yang lagi naik daun adalah Victor Dethan Johnson.

Terbaru, Dethan mencetak gol ke gawang Persija Jakarta. Ia menambah koleksi golnya untuk PSM Makassar menjadi dua, sejak promosi ke skuad senior dua musim lalu.

Di musim perdana bersama PSM Makassar, pemain kelahiran Kupang, 11 Juli 2004 ini, dipercaya bermain 11 kali dan mencetak satu assist.

Catatan bermain Victor Dethan bertambah di musim berikutnya, yakni tampil sebanyak 19 kali. Dengan satu gol dan satu assist. Dzaky Asraf juga tidak ketinggalan sebagai pemain muda kategori U-22 yang cukup menonjol.

Sejak musim 2022/23, Dzaky selalu menjadi pilihan Tavares. Baik sebagai pilihan starting eleven maupun pengganti. Di musim 2022/23, jebolan Akademi PSM kelahiran 6 Februari 2003 ini bermain sebanyak 21 kali.

Menit bermainnya bertambah di musim 2023/24 menjadi 22 kali. Memasuki pekan kedelapan Liga 1 2024/25 musim ini, Dzaky sudah bermain sebanyak enam kali.

Sumber: LIB

Tag