CELEBESMEDIA.ID, Selayar - Bidang Humas dan Komunikasi Publik Diskominfo-SP Selayar menggelar Lokakarya Peningkatan dan Pemanfaatan SP4N Lapor bersama Usaid Erat.
Lokakarya dan pelatihan peningkatan penggunaan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) melalui pembentukan simpul layanan publik di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati, Kamis (30/5).
Lokakarya dan pelatihan tersebut dibuka oleh Bupati Selayar yang diwakili oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Arfang Arif, didampingi oleh Kepala Diskominfo-SP yang diwakili Kabid Humas IKP Andi Sandra Esty Abriany.
Sementara dari Usaid Erat hadir via Zoom Meeting Koordinator Usaid Erat Sulsel Syarwansyah Sahabuddin, Fasilitator Usaid Erat Baharuddin Solongi, dan dihadiri para Simpul Lapor OPD.
Kabid Humas Andi Esty mengemukakan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk menjawab kendala yang dihadapi dalam meningkatkan pemanfatan penggunaan aplikasi SP4N Lapor.
"Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah selain untuk mengidentifikasi masalah dan tantangan dalam pemanfaatan SP4N LAPOR," ucapnya.
"Juga untuk mencoba membangun kolaborasi dengan menggunakan Jejaring Simpul pengaduan layanan publik sebagai kolaborasi multi pihak," imbuh Kabid Humas Andi Esty.
Asisten Arfang Arif yang membacakan sambutan tertulis Bupati Selayar menyampaikan kendala pemanfaatan SP4N Lapor ialah masyarakat belum memahami pemanfaatan aplikasi juga keterbatasan dalam penggunaannya.
"Untuk itu diperlukan bantuan dan kerjasama dari seluruh peserta lokakarya untuk menjadi perpanjangan tangan pemerintah, memberi bantuan dan arahan kepada masyarakat tentang tujuan dari penggunaan aplikasi SP4N Lapor," jelasnya.
Lanjut ia berpesan dan mengharapkan para peserta lokakarya ini, kedepanya melakukan sharing informasi kepada keluarga, teman, tetangga dan seluruh masyarakat agar mereka dapat menyampaikan pengaduan atau aspirasi kepada pemerintah dengan pemanfaatan SP4N Lapor.
Koordinator USAID Erat Sulsel Syarwansyah Sahabuddin dalam sambutannya menyampaikan menyebutkan bahwa SP4N Lapor merupakan salah satu indikator dalam peningkatan kinerja dari pelayanan publik.
"Dengan adanya pengaduan dari masyarakat, pemerintah daerah bisa mendapatkan gambaran seberapa jauh peningkatan pelayanan publik di daerah tersebut," terangnya.
Syarwansyah berharap setelah kegiatan ini, sosialisasi mengenai SP4N Lapor semakin masif sehingga jumlah aduan makin meningkat.
Adapun pemateri yang dihadirkan adalah Asisten Deputi Pemberdayaan Partisipasi Masyarakat KemenpanRB Silvia Diaz, dan Public Management Specialist/Program Officer USAID ERAT Syaiful Muluk.