Pedagang Meringis Diselimuti Debu Jalan - Celebesmedia

Pedagang Meringis Diselimuti Debu Jalan

Bucek - 26 May 2023 17:06 WIB

CELEBESMEDIA.ID, Gowa - Lama rusak, akhirnya ruas Jalan H.M. Yasin Limpo mulai diperbaiki. Tapi, perbaikan jalan provinsi itu belum mengakhiri penderitaan warga sekitar. 

Pengerjaan proyek perbaikan Jalan Yasin Limpo tersebut, khususnya di Dusun Sailong, Desa Sungguminasa, Kecamatan Pattallasang, Gowa, Sulawesi Selatan, kembali dikeluhkan. Warga sekitar mengaku, aktivitas mereka terganggu disebabkan banyaknya debu yang beterbangan.

Seorang pedagang sembako, Mulyadi, menceritakan bahwa saban hari warga harus pasrah ‘bermandi’ debu. Timbunan tanah dan pasir untuk pengerjaan jalan menghasilkan debu yang beterbangan sepanjang hari, bahkan turut menyelimuti rumah-rumah dan barang dagangan mereka. 

"Iye kita tidak bisa display barang toh, karena berdebu semua. Orang juga malas lihat barang atau singgah karena berdebu semua toh. Kita juga terganggu kebersihan sama kesehatan ta," kata Mulyadi, Jumat (26/5/2023).

Pedagang meringis lantaran pendapatan mereka menurun tajam hingga 50 persen. Sebelum proyek perbaikan jalan, sambung Mulyadi, pedagang mampu meraup pemasukan rata-rata Rp. 4.000.000 per hari.

Namun sejak pengerjaan jalan awal Mei 2023, pemasukan mereka anjlok, tersisa hanya rata-rata Rp.2.000.000 per hari.

Warga sekitar berharap pemerintah provinsi bisa segera menyelesaikan perbaikan jalan tersebut. Bila berlarut-larut, mereka khawatir tidak hanya pendapatan mereka yang akan turun, tapi juga kesehatan mereka juga akan terganggu.

"Ya kalau bisa dipercepat atau bagaimana solusinya supaya tidak berdebu sekali seperti ini. Karena sangat mengganggu bagi kesehatan dan juga ini omset pendapatan semakin turun," tandas Mulyadi.

Pengerjaan perbaikan Jalan HM Yasin Limpo, tersebut sudah berlangsung sebulan lebih. Adapun penyelesaiannya ditargetkan selama 180 hari kalender atau 6 bulan. Ruas jalan yang diperbaiki memiliki panjang 4 kilometer.

Sebelumnya, kata warga, kerusakan yang terjadi di ruas jalan tersebut terjadi sekitar 5 tahun. Kondisinya sangat parah, dengan lubang-lubang besar menganga di sejumlah titik sepanjang jalan.

Padahal, ruas jalan ini merupakan jalan alternatif favorit bagi warga yang ingin berwisata ke Kota Bunga, Malino. 

Jalan Yasin Limpo  menghubungkan Kabupaten Gowa, Maros dan kota Makassar. 

Laporan : Moh Firmansyah Putra

Tag