Bahu Jalan Jadi Lahan Parkir akan Didenda, Regulasi Masih Dikaji - Celebesmedia

Bahu Jalan Jadi Lahan Parkir akan Didenda, Regulasi Masih Dikaji

Rini - 16 May 2023 13:32 WIB

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Perusahaan Daerah (PD) Parkir Makassar akan memberlakukan denda bagi badan usaha yang menjadikan bahu jalan sebagai lahan parkir. Namun, regulasi yang mengatur sanksi denda masih dalam proses kajian.

"Sesuai wacana  Walikota Makassar (Mohammad Ramdhan Pumanto) pemberlakuan denda masih dalam proses dalam bentuk regulasi," ucap Dirut PD Parkir Makassar Yulianti Tomu kepada CELEBESMEDIA.ID saat di temui di Gedung DPRD Kota Makassar, Selasa (16/5/2023).

Pemberlakuan sanksi denda kepada badan usaha, Yanti menyebut banyaknya bangunan yang beralih fungsi dari rumah tinggal menjadi badan usaha yang menimbulkan tempat berkumpulnya orang baru, yang membutuhkan lahan parkir.

"Sekarang kan banyak berubah fungsi, otomatis akan menimbulkan perparkiran di wilayah situ," ungkapnya.

Yanti belum mengetahui pasti regulasi sanksi denda apa yang diberikan kepada badan usaha yang tetap menggunakan baju jalan sebagai lahan parkir.

"Saat ini belum ada, tapi regulasinya itu, kalau misalnya 3 kendaraan yang memakai baju jalan, nah itu yang akan dikenakan charger," imbuhnya.

Terkait nominal atau teknis penerapan, Yanti belum menjelaskan lebih jauh seperti apa skenario yang disiapkan.

"Secara teknis belum di atur nominalnya seperti apa nantinya," ungkapnya.

Sebelumnya, pihaknya sudah mengedintifikasi titik-titik yang sering dijadikan parkir liar. Totalnya ada 30 titik yang mengacu pada tempat badan usaha.

"Sudah (diidentifikasi), kemarin itu sekitar 30 titik badan usaha yang tersebar di Kota Makassar," ujarnya.

Namun, pihaknya belum merinci badan usaha yang dimaksud. Intinya kata Yanti, ada atau tidak laporan yang menimbulkan kemacetan akan dilakukan penindakan.

"Kami ada tim terpadu tiap hari melakukan pengecakan Kemacetan dan berkordinasi kepada pihak terkait, seperti kepolisian dan Dishub," tutupnya.

Laporan : Rusmawandi Rara

Tag