Pasar Kalukuang, Pasar yang Dulunya Sebuah Perumahan - Celebesmedia

Pasar Kalukuang, Pasar yang Dulunya Sebuah Perumahan

Ariani - 30 November 2018 13:35 WIB

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Pasar tradisional adalah tempat terjadinya transaksi secara langsung antara pedagang dengan pembeli. Pada umumnya pasar terletak dekat kawasan padat penduduk hingga perumahan agar memudahkan pembeli untuk mencapai pasar.

Mendengar frasa pasar tradisional, yang terlintas terkadang adalah berbagai aktivitas dan keanekaragaman dagangan yang terjejal di berbagai lapak. Jalan yang berbecek juga jadi identitas utama bagi pusat perdagangan ini.

Namun, asumsi itu terjungkir balik ketika kita mengunjungi Pasar Kalukuang. Pasar yang memiliki luas sekitar 50 x 100 meter persegi ini memiliki jalan setapak yang dipadati oleh para pembeli dan penjual.

Ladong (70), salah seorang pedagang terlama di pasar ini mengatakan, pasar yang terletak di Jl Andi Tadde ini sebenarnya adalah sebuah areal perumahan yang dahulunya bernama Kalukuang.

“Tahun 1950-an, warga yang tinggal dalam area ini membuka jualan sayur di rumahnya masing-masing. Hingga tahun demi tahun semakin banyak yang ikut menjual. Akhirnya jadilah pasar seperti saat ini,” ujarnya kepada CELEBESMEDIA.ID, Jumat (30/11/2018).

Perumahan yang jadi pasar ini tampak sangat terjaga kebersihannya. Kondisi becek pun tak ada karena setapaknya telah dipasangi paving block.

“Sudah ada sekitar 8 tahun yang lalu itu Pemerintah Makassar sudah merenovasi pasar ini menjadi cukup layak dan tidak seperti dulu lagi. Bisa kita lihat sendiri, sudah dipasangkan paving block, sudah ada atapnya, jadi cukup membantu para warga yang ada di sini, terutama penjual,” tambahnya.

Meski Pasar Kalukuang berada di tengah pemukiman masyarakat, namun pasar ini hanya mampu melayani pembeli hingga pukul 16.00 Wita setiap harinya.

Tag