Tiba di Tanah Air, Jemaah Haji Gowa Tidak Trauma Insiden Mesin Pesawat Terbakar - Celebesmedia

Tiba di Tanah Air, Jemaah Haji Gowa Tidak Trauma Insiden Mesin Pesawat Terbakar

Rini - 27 June 2024 18:47 WIB

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Sebanyak 450 jemaah haji asal Kabupaten Gowa tiba di Asrama Haji Sudiang Makassar, Kamis (27/6/2024).

Rombongan jemaah haji inilah yang sempat mengalami insiden mesin pesawat terbakar saat pemberangkata (15/5) lalu.

Saat itu,  mereka tergabung dalam kloter 5 embarkasi Makassar terbang ke tanah suci menggunakan pesawat Garuda GIA 1105. Naas  beberapa menit setelah lepas landas, mesin pesawat tersebut terbakar sehingga harus putar arah kembali ke Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. 

Pemberangkatan jemaah kloter 5 ini sempat tertunda beberapa jam, dan akhirnya bisa tiba di tanah suci dengan selamat dan aman. 

Kini, 450 jemaah haji asal Gowa tersebut tiba di tanah air dengan senyum sumringah menghiasi wajah mereka saat memasuki Aula Arafah Asrama Haji Sudiang Makassar tempat dilangsungkannya prosesi penyerahan jemaah oleh PPIH Debarkasi Makassar kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Gowa. 

Insiden kebakaran pesawat tersebut tampak tak menyisakan trauma pada mereka. Pembimbing Ibadah Haji Kloter 5, H Zulkifli Hijas, mengungkapkan bahwa insiden tersebut merupakan jamuan Allah. 

“Kejadian waktu itu bukan ujian, tapi itu jamuannya Allah, itulah jamuannya Allah kepada saya, kepada kloter 5. Tidak ada trauma. Malah sampai di Madinah jemaah angkat jempol padahal baru saja mengalami musibah,” ucap H. Zulkifly Hijas, Pembimbing Ibadah yang mendampingi kloter 5.

Salah satu bukti bahwa jemaah tidak trauma, kata Zulkifli Hijas adalah tidak satupun jemaah yang bertanya apakah kloter 5 akan dipulangkan dengan pesawat yang sama.

“Waktu mau pulang tidak ada jemaah yang bertanya apakah pesawat yang dipakai dulu, itu lagi yang akan dipakai. Alhamdulilah jemaah kloter 5 kembali utuh," tuturnya. 

Laporan : Riski

Tag