Milad DMI ke-52, JK Dorong Program Masjid Hijau Dimaksimalkan - Celebesmedia

Milad DMI ke-52, JK Dorong Program Masjid Hijau Dimaksimalkan

Bucek - 25 June 2024 19:01 WIB

CELEBESMEDIA.ID, Jakarta - Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), Jusuf Kalla mengukuhkan pengurus baru DMI periode 2024-2029, Selasa (25/6/2024).

Dalam keterangannya, Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 tersebut mendorong program masjid hijau atau eco masjid berjalan lebih maksimal. 

"Soal masjid hijau itu sudah berjalan sebagian, seperti gerakan lingkungan bersih di masjid yang ada halamannya serta pembagian bibit ke masyarakat di daerah hulu," kata JK usai mengukuhkan pengurus baru dalam Milad DMI yang ke-52 di Kantor Pusat DMI, Jalan Matraman Raya, Jakarta Timur. 

Selain program eco masjid, JK juga berharap seluruh pengurus untuk bersama menjalankan seluruh program yang telah disusun sebelumnya.

Sejumlah program yang telah jalan seperti berupaya mewujudkan persatuan umat serta bagaimana pelaksanaan ibadah menjadi lebih baik demi mendatangkan kedamaian bagi semua umat. 

Selain itu, JK juga kembali mengingatkan agar masjid tidak menjadi tempat ibadah saja. Masjid, kata JK, harus bisa menjadi jalan bagi kemajuan ekonomi sosial masyarakat. 

"Intinya, bagaimana mewujudkan program memakmurkan masjid serta memakmurkan jemaahnya. Itulah yang disebut enterpreneurship berbasis masjid," jelas JK lagi. 

"Makanya kami ajak semua seperti Kadin untuk bisa bersama-sama meningkatkan itu (enterpreneurship)," imbuhnya. 

Dalam beberapa kesempatan, JK menyebutkan gerakan dari masjid sangat berpotensi untuk mengembangkan ekonomi umat. Apalagi dengan jumlah masjid di Indonesia saat ini yang sudah hampir mencapai 1 juta.

Tag