Status Siaga, Gunung Anak Krakatau Erupsi Setinggi 2.000 Meter - Celebesmedia

Status Siaga, Gunung Anak Krakatau Erupsi Setinggi 2.000 Meter

Rini - 04 December 2023 15:07 WIB

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Gunung Anak Krakatau di perairan Selat Sunda, Kabupaten Lampung Selatan, kembali mengalami erupsi pada Senin Siang pukul 12.41 WIB.

Eupsi ini sudah kali lima yang terjadi pada Senin (4/12). Info terbaru ketinggian erupsi mencapai 2.000 meter atau sekitar 2.157 meter di atas permukaan laut.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan erupsi itu terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 71 milimeter dan durasi lebih kurang 1 menit 50 detik. 

Kepala Pos Pantau Gunung Anak Krakatau di Hargopancuran, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan, Andi Suardi, Senin, mengimbau masyarakat dan nelayan untuk tidak mendekati kawasan Gunung Anak Krakatau pada radius lima kilometer.

"Saat ini Gunung Anak Krakatau berada pada level III, siaga, dengan rekomendasi masyarakat, nelayan, pendaki gunung, tidak mendekati gunung dengan radius lima kilometer," katanya melansir Antara, Senin.

Karakter letusan Gunung Anak Krakatau berupa erupsi eksplosif dan erupsi efusif dengan waktu istirahat letusan nya berkisar antara satu sampai enam tahun.


Tag