5 Manfaat Hyaluronic Acid pada Scincare untuk Kesehatan Kulit - Celebesmedia

5 Manfaat Hyaluronic Acid pada Scincare untuk Kesehatan Kulit

CITIZEN - 19 December 2023 11:45 WIB

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Hyaluronic acid merupakan polisakarida yang terdiri dari rantai panjang ikatan molekul air dan gula.

Meskipun diproduksi secara alami oleh tubuh, terutama kulit, produksinya cenderung menurun seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu, suplai hyaluronic acid dari sumber eksternal menjadi penting.

Suplemen dan produk perawatan kulit, seperti serum, toner, dan moisturizer, merupakan cara untuk mendapatkan hyaluronic acid.

Penggunaan rutin produk-produk ini dapat membantu kulit mempertahankan hidrasi dan kelembapannya.

Hyaluronic acid dapat digunakan oleh semua jenis kulit, dan aman dikombinasikan dengan retinol, vitamin, eksfoliator, atau jenis asam lainnya, kecuali glycolic acid karena pH rendahnya dapat mengurangi efektivitas hyaluronic acid.

Manfaat Hyaluronic Acid untuk Kulit:

1. Menjaga Kelembapan Kulit: Hyaluronic acid mampu melembapkan kulit dengan mengikat molekul air, menjadikan kulit lebih kencang, kenyal, dan berseri.

Ini menjadikannya pilihan yang baik sebagai kandungan pelembap kulit.

2. Meredakan Kemerahan: Penggunaan jangka panjang dapat membantu meredakan kemerahan pada wajah akibat peradangan atau bekas luka jerawat.

3. Meningkatkan Elastisitas Kulit: Hyaluronic acid dapat meningkatkan elastisitas dan kekencangan kulit, serta mengurangi kedalaman kerutan pada wajah.

Hal ini membantu mengisi ruang antar sel yang kosong akibat kekurangan kolagen.

4.Membantu Regenerasi Kulit: Kandungan ini mendukung proses pembentukan sel kulit baru yang sehat, membuatnya ideal setelah perawatan laser atau peeling wajah.

5. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka: Hyaluronic acid membantu mempercepat pemulihan luka dengan mengendalikan peradangan, merangsang pembentukan pembuluh darah, dan mempercepat proses penyembuhan kulit yang terluka.

Meskipun umumnya aman, penggunaan hyaluronic acid sebaiknya dihentikan jika menyebabkan reaksi alergi atau efek samping lainnya.

Tag