Arena Panahan PON XXI Diterjang Badai, BMKG: Cuaca Ekstrem hingga 19 September - Celebesmedia

Arena Panahan PON XXI Diterjang Badai, BMKG: Cuaca Ekstrem hingga 19 September

Rini - 19 September 2024 15:05 WIB

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Arena pertandingan panahan hancur diterjang badai seusai babak semifinal nomor nasional putra dan putri Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Rabu (18/9) 

Tenda-tenda di bagian kiri arena ambruk terangkat angin kencang. Sejumlah kipas angin dan fasilitas lainnya terjatuh dan basah akibat hujan badai. Satu unit televisi di bagian tribun penonton juga rusak karena jatuh dan basah demikian sebagian yang dikutip dari Antara.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mendeteksi cuaca ekstrem hujan disertai angin kencang yang menerpa wilayah Aceh dan Sumatera Utara dan sekitarnya dua hari terakhir memiliki kecepatan maksimum 25—30 knot, atau setara 55,56 kilometer per jam.

"Labilitas lokal yang kuat telah mendukung proses konvektif pada skala lokal membentuk awan comulonimbus yang dampaknya membuat pergerakan angin menjadi kencang seperti itu," kata petugas Subdivisi untuk Prakiraan Cuaca BMKG Ida Pramuwardani.

BMKG menjelaskan cuaca ekstrem berupa peningkatan kecepatan angin yang lebih dari 25 knot itu sudah disosialisasikan beberapa hari lalu dan dipertegas melalui surat peringatan dini (prospek cuaca mingguan) yang berlaku pada tanggal 13—19 September 2024.

fenomena cuaca ekstrem tersebut juga merupakan dampak tidak langsung dari bibit siklon 98W yang keberadaanya terpantau di Laut Tiongkok Selatan dengan kecepatan angin 30 knot dan tekanan di pusat sistem 996 hPa.


Tag