Syamsuddin Umar Harap PSM Cup Jadi Turnamen Rutin Tiap Tahun - Celebesmedia

Syamsuddin Umar Harap PSM Cup Jadi Turnamen Rutin Tiap Tahun

Rini - 16 June 2024 20:01 WIB

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Tokoh olahraga sekaligus mantan pelatih PSM Makassar, Syamsuddin Umar mengapresiasi dihelatnya turnamen PSM Cup. Hal ini ia sampaikan saat menyaksika  semi final PSM Cup U-15,di Lapangan Bosowa Sport Center Jalan Teuku Umar Makassar, Minggu (16/6).

Mantan pemain PSM Makassar ini mengenakan rompi putih dipadukan kaos abu-abu dan kacamata hitam. Selama menyaksikan pertandingan, ia didampingi Direktur Celebes Olahraga Indonesia (Celebes Sport), Andi Suruji.

"Saya sebagai mantan pemain dan mantan pelatih yang memang sudah saya tanamkan di diri saya bahwa PSM itu adalah identitas saya, harga diri saya dan kebanggan saya. Oleh karena itu dengan adanya turnamen seperti ini saya sangat- snagat senang karena selama ini Makassar dikenal sebagai kiblat sepak bola," ucapnya kepada CELEBESMEDIA.ID 

Ia bahkan berharap agar PSM Cup menjadi turnamen begengsi yang dihelat tahun sehingga nantinya dapat menjadi tempat pencairan bibit berbakat pemain sepak bola.

"Turnamen ini kalau bisa dijadikan agenda rutin setiap tahun yang harus dilaksanakan. Sehingga tim-tim yang sudah mengikuti kompetisi ini bisa mempersiapkan diri sebelumnya," lanjutnya.

Syamsuddin Umar juga menyarankan agar kedepannya dunia sepak bola Sulsel dapat lebih memperkuat data sehingga dapat menjadi legacy atau warisan baik bagi pemain mau pun pihak-oihak yang terkait.

"Yang selama ini kita tidak kuat denga. pendataan itu. Klub-klub juga harus mempunyai badan usaha yang memang sudah terdaftar sehingga pemain tidak bisa kemana-mana. Pada saatnya nanti akan dibutuhkan satu perjalan tim bahwa si A, si B dan si C ini dalah dari klub ini dan dia dimulai dari turnamen PSM Cup ini. Nah itu bisa menjadi legacy buat penyelengga, legacy buat pemain dan legacy bagi PSM itu sendiri," tandasnya.

PSM Cup U-15 berlangsung sukses sejak sepekan terakhir, mulai 9 hingga 16 Juni di Lapangan Bosowa Sport Center, Jalan Teungku Umar, Kota Makassar. 

Ada 16 tim yang adu kekuatan berebut trofi juara. SSB Bangau Putra 1979 berhasil menjadi pemenang dari trunamen yang disponsori Hyundai Gowa, Honda, dan PSM Makassar. Sedangkan di posisi Runner Up diduduki tim asal Ternate SSB Tunas Palapa.


Tag