Menpora Akan Lindungi Pencak Silat dari Klaim Negara Lain - Celebesmedia

Menpora Akan Lindungi Pencak Silat dari Klaim Negara Lain

Buce - 14 December 2019 12:00 WIB

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali bangga dan bersyukur karena UNESCO telah menjadikan cabang olahraga pencak silat sebagai warisan budaya asli bangsa Indonesia.

Menpora juga akan melindungi pencak silat dari klaim  negara lain. Hal itu disampaikan Menpora saat menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Keolahragaan di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Jumat (13/12/2019).

"Sebelumnya kan ada yang mengklaim bahwa pencak silat itu punya mereka, tapi sekarang kan sudah resmi menjadi warisan budaya milik masyarakat Indonesia. Saya kira kita jadi sangat bangga, sangat senang dan bersyukur karena UNESCO telah memasukkan cabor pencak silat sebagai warisan budaya kita," ujarnya di lansir CELEBESMEDIA.ID dari laman resmi Kemenpora.

Menurutnya cabang olahraga harus ada tiket yang menjadi kunci agar bisa dipertandingkan ke tingkat pesta olahraga terbesar di dunia, Olimpiade.

"Tahap berikutnya yakni kita akan terus memperjuangkan pencak silat sebagai cabang olahraga atau nomor yang bisa di pertandingkan di kancah dunia dan olimpiade," kata Menpora.

"Ke olimpiade itu harus ada tiketnya saat ini baru cabor menembak yang sudah memiliki tiket ke olimpiade, di angkat besi juga semoga bisa dan atletik mudah-mudahan saja Lalu Zohri bisa juga dapat tiket ke olimpiade, cabang olahraga yang olympic number lain kita serahkan ke masing-masing pengurus," tutupnya.

Tag