Air Cucian Beras Atasi Kerontokan Rambut? Ini Penjelasan Pakar - Celebesmedia

Air Cucian Beras Atasi Kerontokan Rambut? Ini Penjelasan Pakar

Rini - 04 January 2024 15:01 WIB

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Pakar dermatologi, Deirdre Hooper, MD mengungkapkan air cucian beras memiliki banyak manfaat untuk kesehatan rambut.

Air cucian beras, kata Deirdre dapat mengatasi kerontokan rambut mengandung fenol yang dapat membantu mengobati alopecia areata.

Namun, para pakar mengatakan belum cukup bukti yang membuktikan bahwa air beras memang meningkatkan kesehatan rambut. 

Bahkan Profesor dermatologi di University of Minnesota Medical School, Rhonda Farah, MD seperti disiarkan Health, Senin (1/1), membilas rambut dengan air beras bisa merusak rambut.

Menurutnya air beras mengandung banyak pati yang dapat menarik kelembapan rambut sehingga menyebabkan rambut menjadi rapuh.

“(Air beras) sebenarnya bisa berbahaya karena tidak diformulasikan untuk kulit kepala. Anda tidak mendapatkan pengiriman yang sama ke folikel rambut atau ke batang rambut,” jelas Farah mengutip Antara (4/1).

Farah juga mengungkapkan meskipun ekstrak mineral bekatul tampak menjanjikan untuk kesehatan rambut, air beras tidak memiliki manfaat berdasarkan bukti ilmiah saat ini.

“Hanya karena Anda menyukai rambut orang tersebut, bukan berarti cara yang mereka gunakan akan berhasil pada rambut Anda. Setiap jenis rambut sangat berbeda, sangat sulit untuk menerapkan satu hal pada setiap orang," kata Farah.

Disarankan bagi mereka yang ingin atasi kerontokan rambut sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mengetahui akar masalahnya dan mendapatkan pengobatan.


Tag