Inflasi Tahunan Sulsel 1,77 Persen, Lebih Rendah dari Nasional - Celebesmedia

Inflasi Tahunan Sulsel 1,77 Persen, Lebih Rendah dari Nasional

Rini - 03 September 2024 13:25 WIB

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Inflasi tahunan di provinsi itu yang berada di angka 1,77 persen per Agustus 2024. Angka ini lebih rendah dari nasional yang mencapai 2,12 persen.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Selatan (Sulsel) yang dikutip dari BPS sulsel.bps.go.id, Selasa (3/9), menunjukkan baik secara bulanan (month to month/mtm), tahun kalender (year to date/ytd) maupun tahunan (year on year/yoy) juga di bawah nasional.

Sementara indeks harga konsumen (IHK) 105,61 itu, merupakan hasil gabungan dari delapan kota di Sulsel yang menjadi sampel untuk mengukur tingkat inflasi di 24 kabupaten dan kota di provinsi tersebut.

Dari delapan IHK di Sulawesi Selatan, inflasi tahunan tertinggi terjadi di Kota Parepare sebesar 2,22 persen dengan IHK sebesar 106,12. Sedangkan inflasi yoy terendah terjadi di Kabupaten Bulukumba sebesar 1,62 dengan IHK sebesar 104,93.

Adapun komoditas utama penyumbang inflasi yoy  antara lain; sigaret kretek mesin (SKM), kopi bubuk, ikan benggol, ikan teri, emas perhiasan, kentang, beras, sigaret kretek tangan (SKT), ikan merah dan seragam anak sekolah.

Sedangkan komoditas penyeimbang inflasi yang memberi andil deflasi yakni bawang merah, tomat, daging ayam ras, beras, telur ayam ras, daun bawang, kol putih, ikan benggol, kacang panjang dan kangkung.

Khusus inflasi bulan periode Agustus 2024, dari delapan kabupaten/kota IHK di Provinsi Sulawesi Selatan tujuh diantaranya mengalami deflasi dan satu kota mengalami inflasi secara mtm.

Adapun tujuh kabupaten dan kota itu, Bulukumba deflasi minus 0,03 persen, Watampone (minus 0,28 persen), Kabupaten Sidrap (minus 0,18 persen), Kabupaten Luwu Timur (minus 0,02 persen), Kota Makassar (minus 0,02 persen), Kota Parepare (minus 0,16 persen), Kota Palopo (minus 0,21 persen) dan terakhir Kabupaten Kabupaten Wajo alami inflasi 0,22 persen.


Tag