5 Tips Memilih Jajanan Sehat di Sekolah - Celebesmedia

5 Tips Memilih Jajanan Sehat di Sekolah

Rini - 17 September 2024 13:28 WIB

CELEBESMEDIA.ID, Makassar  - Ada banyak variasi jenis jajanan yang kini tersedia di sekolah - sekolah. Tampilan jajanan tersebut pun dibuat menarik untuk membuat anak sekolah tergoda.

Karenanya setiap orang tua sebaiknya meluangkan waktu untuk mengajari anak dalam memilih jajanan sehat. Apalagi bila anak sudah memasuki usia sekolah. 

Lemahnya pengawasan orangtua terhadap berbagai jajanan yang dikonsumsi oleh putra dan putrinya selama berada di sekolah dapat meningkatkan potensi keracunan atau gangguan pencernaan pada anak yang dipengaruhi oleh bakteri dan berbagai jenis bahan makanan yang tidak aman dikonsumsi.

 Berikut ini 5 tips memilih jajanan sehat di sekolah mengutip laman Kementerian Kesehatan.

1. Bersih dan higenis

Ajari anak untuk memilih pangan yang aman, bersih dan telah dimasak dengan matang. Hal ini untuk menghindari gangguan pencernaan pada anak.

2. Lihat warna, rasa, dan aroma makanan

Hindari makanan dan minuman yang memiliki warna yang mencolok. Beri tahu anak bahwa sebaiknya ia tidak memilih makanan atau minuman yang berwarna mencolok, memiliki rasa yang terlalu asin, manis, atau asam, dan atau mempunyai aroma yang tidak enak, seperti bau tengik atau bau asam.

3. Hindari Makanan cepat saji

Membatasi konsumsi makanan cepat saji dan makanan ringan. Alasan makanan cepat saji tidak baik yang pertama adalah bisa mengganggu pencernaan. 

Apalagi bila kamu terlalu sering mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan tinggi garam seperti makanan siap saji, bisa membuat tubuh kamu menyerap lebih banyak air sehingga bisa membuat perut kamu kembung dan membengkak

4. Pilih makanan berserat

Memperbanyak makanan yang tinggi serat dan tinggi protein. Pilihlah jajanan yang berbahan buah-buahan yang kaya serat. Atau jajanan yang mengandung protein tinggi misalnya telur.

Serat terdiri dari dua jenis, yaitu serat yang larut dalam air dan serat yang tidak larut air. Serat larut air berasal dari buah-buahan, gandum, kacang, dan biji. Serat jenis ini dapat memperlambat penyerapan karbohidrat dari makanan, melunakkan tinja, dan mengontrol kadar gula darah.

5. Air putih lebih sehat

Cukupi kebutuhan air dengan minum air putih. Hindari minuman yang terlalu manis. 

Manfaat minum air putih untuk kesehatan sangatlah banyak. Tidak hanya untuk menghilangkan dahaga, minum air putih juga berfungsi untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh sehingga setiap sel, jaringan, dan organ di dalam tubuh bisa berfungsi dengan baik.


Tag