Kawasan Pantai Losari Jorok, Sampah Berserakan - Celebesmedia

Kawasan Pantai Losari Jorok, Sampah Berserakan

Rini - 15 May 2024 16:16 WIB

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Kawasan Pantai Losari menjadi daya tarik atau ikon Kota Makassar.  Ada banyak hal menarik di kawasan losari mulai dari anjungan, Lego-lego, hingga Masjid Kubah 99.

Sayangnya keindahan Kawasan Pantai Losari tertutupi sampah yang berserakan di mana-mana. Sampah keras hingga plastik berserakan di Lego-lego dan depan Masjid Kubah 99 . Mulai dari arah Jembatan Phinisi menuju  Masjid 99 Kubah.

Rumput liar juga tumbuh subur di depan Masjid Kubah 99 serta Taman BPJS Ketenagakerjaan. Sampah plastik juga berserakan di tepi Pantai Losari.

Air pantainya pun sudah tidak jernih. Selain berbau tak sedap, banyak sampah plastik dari tepi pantai terhanyut dan mengendap di dasar pantai. Bau tak sedap akibat sampah yang membusuk ini juga sering tercium saat angin berhembus.

Beberapa warga menilai foto dan video yang dipromosikan berbanding terbalik jika berkunjung ke tempat ini. 

" Iye banyak sampah saya liat di sini, tidak tau kenapa, biasanya ada ji pembersih bersihnya, tapi kenapa tidak ada lagi, tadi juga jalan-jalan ke sana (Taman BPJS) besar mi juga rumput-rumput nya saya lihat, kayak tidak pernah dipangkas, tidak tahu apakah disengaja memang atau dilupa," tutur salah satu guru TK, Darna (43), saat berkunjung ke Masjid Kubah 99 bersama rombongan siswanya. 

Pengunjung lainnya menilai penyebab sampah berserakan karena pemerintah yang kurang tegas menerapkan aturan yang sudah mereka buat.

"Sebenarnya persoalan sampah seperti ini, kita mau bilang salahnya pemerintah iye salahnya juga karena kurang tegas untuk menerapkan aturan yang dibuat. Tapi di satu sisi juga masyarakat kalau dibuatkan aturan harus juga patuh, tapi kebanyakan kita liatkan masyarakat juga yang selalu buang sampah, jadi harus imbang ini dan kerjasama pemerintah dan masyarakat," tutur Hendra Rizal (34). 

Laporan : Riski

Tag