Hari Pertama Sekolah, Murid SD Bernyanyi hingga Buang Air di Kelas - Celebesmedia

Hari Pertama Sekolah, Murid SD Bernyanyi hingga Buang Air di Kelas

Rini - 18 July 2022 12:24 WIB

CELEBESMEDIA.ID,Makassar – Banyak momen menarik di hari pertama sekolah di tahun ajaran 2022-2023, Senin (18/7/2022). Misalnya di SD Monginsidi Makassar. Puluhan orangtua murid baru kelas 1, antusias memenuhi lapangan sekolah, untuk melihat kecerian anak mereka menyanyikan yel-yel sekolah dan mendengarkan pembekalan dari pihak sekolah.  

Keseruan itu pun berlanjut saat murid baru memasuki ruangan kelas. Banyak orangtua murid yang ikut masuk ke dalam kelas untuk melihat anaknya menyaksikan proses perkenalan satu sama yang lain.

Risna, salah satu orangtua murid mengungkapkan sengaja dating lebih awal dan ingin menemani tiap kegiatan anaknya di hari pertama sekolah.

"jadi, saya sudah berada di sekolah pukul 6.30 pagi, dan sangat bangga melihat anak saya melihat berpakain baju sekolah," ungkapnya kepada CELEBESMEIDA.ID.

"Jadi, karena penasaran akhirnya saya masuk dalam kelas untuk lihat langusung dan merasa bahagia," lanjutnya.

Banyak siswa yang tampak gugup mengikuti pembelajaran di hari pertama sekolah. Ada yang masih menangis, malu bahkan ada yangtegang hingga buang air di dalam kelas. Mengharuskan guru sigap untuk menangani berbagai hal yang dialami para murid di hari pertama sekolah.

Kepala  Sekolah di SD Negeri Monginsidi Makassar, mengungkapkan hal pertama yang dilakukan di hari pertama sekolah yakni pengenalan lingkungan sekolah. Tujuannya untuk membiasakan murid dengan lingkungan sekitar mereka.

"Jadi, kita harus memperkenalkan lingkungan sekolah, karena disini ada 4 sekolah, dia harus tau dimana monginsidi 1, monginsidi 2, monginsidi 3 dan inpres monginsidi," ucapnya.

Selian itu, pihak sekolah juga mengenalkan program LISA (Lihat Sampah Ambil) untuk mengajarkan murid hidup bersih.

"Jadi, kami menyampaikan program ini kepada murid baru, mulai sekarang, agar terbiasa membuang sampah pada tempatnya," ucapnya.

Pihak sekolah pun memberikan kepada orangtua murid untuk menemani anak mereka di sekolah maksimal tiga hari.

"Jadi, kami memberikan waktu tiga hari untuk bisa masuk dalam sekolah ataupun dalam kelas, setelah itu, orangtua hanya bisa sampai di gerbang sekolah," tutupnya.

(Laporan: Rusmawandi Rara)

Tag