Mengenang AT Mahmud, sang Maestro Lagu Anak Jadi Google Doodle Hari Ini - Celebesmedia

Mengenang AT Mahmud, sang Maestro Lagu Anak Jadi Google Doodle Hari Ini

Rini - 03 October 2024 10:08 WIB

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Google Doodle hari ini, Kamis (3/10/2024), menampilkan animasi seorang laki-laki berkumis dan berkacamata. Disampingnya ada anak laki-laki dan perempuan bernyanyi dihiasi notasi musik dan gitar. Animasi tersebut bernuansa ungu - putih.

Sosok laki-laki dalam animasi tersebut  AT Mahmud, sang Maestro atau pencipta lagu anak. 

Karya yang mencapai ratusan lagu kerap menemani masa kecil banyak generasi di Indonesia.

Google doodle hari ini sebagai perayaan 94 tahun kelahira  AT Mahmud, meski yang tercatat tanggal lahirnya 3 Pebruari 1930 di Muara Enim, Sumatera Selatan.

Mengutip dari laman resmi Pemprov DKI, A.T. Mahmud merupakan tokoh seni, pencipta lagu anak-anak. Nama lengkap dari sang maestro adalah Abdullah Totong. Ayahnya bernama Mahmud dan Ibunya Aisyah.

Sepanjang kariernya, AT Mahmud telah menggubah tidak kurang dari 800 lagu anak-anak yang sebagian besar familiar di telinga masyarakat Indonesia.

Mengutip dari Kompas.com, Selasa (6/7/2021), lagu-lagu ciptaan AT Mahmud, antara lain termuat pada buku Pustaka Nada yang terdiri dari tiga jilid, Amalku, dan Nyanyian Dua Suara.

Beberapa karyanya yang paling populer, seperti "Pelangi", "Ambilkan Bulan Bu", "Anak Gembala", "Bintang Kejora", "Cicak di Dinding", dan "Libur Tlah Tiba", "Kereta Apiku", "Amelia", "Mendaki Gunung", dan "Paman Datang".


Tag