Tidak Terurus, Kerangka Manusia di Gua Prasejarah Maros Mulai Terkikis - Celebesmedia

Tidak Terurus, Kerangka Manusia di Gua Prasejarah Maros Mulai Terkikis

Baharuddin Arifin - 21 November 2018 10:07 WIB

CELEBESMEDIA.ID, Maros - Tim Peneliti Balai Arkeologi Makassar menemukan kerangka manusia diduga dari zaman prasejarah di gua parasejarah Leang Jarie, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, pada Mei 2018 lalu. Kini, kerangka itu dalam kondisi memprihatinkan.

Temuan kerangka manusia tersebut dibiarkan begitu saja tanpa adanya tindakan lebih lanjut untuk sekedar dilakukan tindakan konservasi atau pemeliharaan. Kerangka hanya ditutupi papan pelindung ala kadarnya, sehingga membuat temuan tersebut terlihat semakin aus dan terkikis.

Melihat kondisi tersebut, Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) yang melakukan peninjauan lokasi, Selasa (20/11/2018) sore kemarin, menjelaskan jika kondisi rangka dibiarkan tanpa adanya penanganan lebih lanjut maka temuan tersebut akan semakin rusak bahkan bisa saja akan hilang.

Tim Ahli Cagar Budaya menilai temuan tersebut seharusnya mendapatkan penanganan konservasi pemeliharaan di tempat agar bisa dimanfaatkan. Terlebih temuan kerangka merupakan penemuan penting dalam konteks prasejarah.

TACB juga menjelaskan bahwa temuan kerangka manusia tersebut merupakan kerangka pertama yang ditemukan oleh peneliti di kawasan karst gua parasejarah Maros – Pangkep. Di mana sebelumnya, berbagai penelitian sebelum masa kemerdekaan hingga memasuki tahun 2018, peneliti belum pernah menemukan kerangka manusia prasejarah di kawasan tersebut.

Tag