Waspada Penyakit Tipes dan Diare di Musim Kemarau - Celebesmedia

Waspada Penyakit Tipes dan Diare di Musim Kemarau

Fidar - 18 September 2019 10:19 WIB

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Musim kemarau tak hanya memberikan cuaca panas dan kekeringan, tap kerap juga diiringi sejumlah penyakit yang mengintai. Ada penyakit tertentu yang cenderung muncul hanya di musim kemarau.

 

Dokter umum RS Awal Bros, dr Ahmad AZ Hari mengatakan, setidaknya ada 2 penyakit yang harus diwaspadai masyarakat saat kemarau selain flu dan batuk yaitu Diare serta Tipes.

 

Menurut dr Ahmad, diare menjadi penyakit paling umum yang sering muncul di musim kemarau. Hal ini disebabkan pasokan dan kualitas  air menjadi terganggu.

 

Selain itu, banyaknya debu yang banyak menempel di makanan. “Kondisi yang tidak higienis itu memicu terjadinya diare,” kata dr Ahmad.

 

Kedua penyakit ini menyerang semua masyarkat dari berbagai kalangan, mulai dari anak kecil, dewasa, maupun orang tua.

 

Dari data yang dihimpun dari rekam medis Makassar, setidaknya 92 orang atau 25 persen pasien dirawat di RS Awal Bros  mengidap penyakit diare dan 65 orang atau 17 persen pasien dirawat mengidap penyakit deman typhoid atau tipes.

 

Agar tak sakit gara-gara diare, dr Ahmad menyarankan agar masyarat tidak mengkomsumsi air yang belum dimasak dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Tag