Kunjungan Wisatawan Meningkat di Selayar Selama Festival Taka Bonerate 2024 - Celebesmedia

Kunjungan Wisatawan Meningkat di Selayar Selama Festival Taka Bonerate 2024

Bucek - 14 October 2024 08:22 WIB

CELEBESMEDIA.ID, Selayar - Rangkaian Festival Taka Bonerate (FTB) dan Dive Camp 2024 yang berlangsung sejak 7 Oktober lalu di Kabupaten Kepulauan Selayar, resmi ditutup oleh Pj Gubernur Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Kadis Perhubungan Sulsel Andi Erwin Terwo.

Penutupan festival ini berlangsung di Taman Pelangi Benteng Selayar, Sabtu (12/10/2024) malam.

Event tahunan yang diselenggarakan itu kata Andi Erwin, untuk mendukung pengembangan pariwisata di Kabupaten Kepulauan Selayar termasuk memperkenalkan daya tarik wisata unggulan, meningkatkan kunjungan wisata, mendorong investasi dan peningkatan pendapatan masyarakat lokal.

“Selama kegiatan ini, berlangsung dibeberapa titik di Kabupaten Kepulauan Selayar, Festival Taka Bonerate mencapai target nasional dalam menarik pergerakan wisatawan nusantara dan meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara," kata Andi Erwin. 

Disebut bahwa kegiatan tersebut mampu meningkatkan perekonomian masyarakat lokal dengan pemberdayaan nelayan-nelayan lokal, menggunakan fasilitas homestay yang disediakan oleh penduduk lokal, serta penggunaan kapal-kapal penduduk setempat. 

"Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi, kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyelenggaraan Festival Taka Bonerate dan Dive Camp 2024. Saya berharap festival ini menjadi motivasi dan terus mengembangkan kreasi dan inovasi untuk festival selanjutnya," tutup Andi Erwin membacakan sambutan tertulis Pj Gubernur Sulsel. 

Sedangkan Wabup Selayar H. Saiful Arif mengatakan Festival Taka Bonerate dan Dive Camp tahun ini mampu menghadirkan wisatawan mancanegara sebanyak 104 orang yang berasal dari Inggris dan Amerika Serikat, khususnya di Pulau Jinato dan sekitarnya.

"Kegiatan ini sukses diselenggarakan atas kerja sama pemerintah daerah dengan Balai Taman Nasional Taka Bonerate, Kelurahan Benteng, Kelurahan Benteng Utara dan Kelurahan Benteng Selatan dan Pemerintah desa Jinato dan seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam penyelenggaraan event ini," ucap Saiful Arif.

Dikatakan, Taka Bonerate yang menjadi Icon Kabupaten Kepulauan Selayar bukan hanya milik pemerintah daerah, tetapi sudah menjadi tanggung jawab bersama pemerintah pusat, bahkan Unesco sebagai organisasi dunia dibawah naungan PBB berkawajiban atas kelestarian dan keberlanjutan Kawasan Taman Nasional Taka Bonerate yang telah ditetapkan sebagai cagar biosfer dunia.

Pada seremoni penutupan Festival Taka Bonerate dan Dive Camp 2024 dihadiri oleh Ketua TP PKK Selayar Hj. Andi Dwiyanti Musrifah Basli, bersama Sekda Selayar Drs. Mesdiyono M. Ec. Dev., forkopimda para pimpinan OPD serta undangan lainnya.

Tag