Macam-Macam Penyerbukan Berdasarkan Perantaranya - Celebesmedia

Macam-Macam Penyerbukan Berdasarkan Perantaranya

CITIZEN - 13 September 2022 08:15 WIB

CELEBESMEDIA.ID : Makassar - Penyerbukan adalah peristiwa jatuhnya serbuk sari (polen) pada permukaan stigma (kepala putik). Penyerbukan berdasarkan perantaranya dibedakan lagi menjadi empat macam, yakni penyerbukan dengan bantuan angin (anemogami), penyerbukan dengan bantuan hewan (zoidiogami), penyerbukan dengan bantuan air (hidrogami), dan penyerbukan dengan bantuan manusia (antropogami).


Penyerbukan pada Tumbuhan Berdasarkan Perantaranya

1. Penyerbukan dengan Bantuan Angin (Anemogami)

Anemogani adalah penyerbukan yang terjadi karena adanya bantuan angin. Contohnya adalah terjadinya penyerbukan pada pohon jagung.

Angin bertiup di sekitar tanaman jagung, lalu serbuk sarinya terlepas. Serbuk sari yang lepas itu kemudian terbawa angin hingga menempel pada putik bunga jagung lain dan terjadilah penyerbukan.

Ciri-ciri penyerbukan angin adalah:

- Serbuk sarinya ringan, banyak dan berbulu

- Kepala putiknya besar

- Mahkota bunga berukuran kecil

- Warna bunga tidak mencolok

- Memiliki tangkai sari yang panjang

- Tidak memiliki kelenjar madu (nektar)


2. Penyerbukan dengan Bantuan Hewan (Zoidiogami)

Zoidiogami adalah penyerbukan pada tumbuhan yang terjadi karena perantara hewan. Hewan-hewan ini berperan sebagai penyerbuk yang memindahkan serbuk sari untuk bisa menyentuh kepala putik.

Contoh penyerbukan dengan bantuan hewan adalah lebah yang menghampiri bunga untuk mengisap madunya, lalu serbuk sari bunga itu terbawa lebah hingga lebah hinggap dan menyentuh kepala putik di bunga lainnya. Maka, terjadilah penyerbukan.

Contoh tanaman yang mengalami penyerbukan zoidiogami adalah bunga mawar, bunga melati dan bunga sepatu.

Zoidiogami ini dibedakan lagi berdasarkan jenis hewannya, yakni penyerbukan karena bantuan serangga (entomogami), penyerbukan karena bantuan burung (ornitogami), penyerbukan karena bantuan kelelawar (kiropterogami), penyerbukan karena bantuan siput (malakogami).

Ciri-ciri tumbuhan yang penyerbukannya dibantu oleh hewan:

- Warna mahkota mencolok dan makota bunganya besar

- Memiliki bau yang khas

- Memiliki kelenjar madu 


3. Penyerbukan dengan Bantuan Air (Hidrogami)

Pada beberapa tumbuhan tertentu, penyerbukan dapat terjadi dengan perantara air. Air yang membantu penyerbukan berupa air hujan dengan cara merontokan serbuk sari. Serbuk sari tersebut kemudian jatuh dan mendekati kepala putik.

Contoh tumbuhan yang mengalami penyerbukan dengan bantuan air biasanya terjadi pada tumbuhan air, contohnya lamun dan ganggang hydrilia.


4. Penyerbukan dengan Bantuan Manusia (Antropogami)

Selain bisa dibantu oleh angin, hewan, atau air, penyerbukan pada tumbuhan juga bisa dilakukan dengan bantuan manusia contohnya pada bunga angrek dan vanili.

Adapun ciri-ciri tumbuhan yang penyerbukannya harus dibantu dengan manusia adalah:

- Memiliki serbuk sari dan kepala putik yang tidak dalam satu duduk bunga (bunga tunggal)

- Kepala putiknya dalam kondisi tertutup

- Serbuk sari sulit rontok

Tag