Sehat Tanpa Ribet, Ini 4 Tips Jalan Kaki Bagi Pekerja Kantoran - Celebesmedia

Sehat Tanpa Ribet, Ini 4 Tips Jalan Kaki Bagi Pekerja Kantoran

Rini - 10 October 2024 09:26 WIB

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Olahraga yang paling sederhana namun memiliki banyak manfaat yakni berjalan kaki. Dengan beberapa langkah kecil setiap hari, Anda bisa menjaga kesehatan jantung, mengontrol berat badan, bahkan meningkatkan suasana hati.

Sayangnya sebagian orang tidak memiliki waktu luang untuk berjalan kaki, terlebih bagi para pekerja yang setiap harinya harus menjalani rutinitas dan tanggungjawabnya di kantor.

Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menambah langkah tanpa harus merasa terbebani yang dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan.

1. Berdiri Saat Menerima Telepon

Jika biasanya Anda  menerima telepon sambil duduk, coba mulai berdiri. Selain lebih sehat karena Anda tidak terlalu banyak duduk, ternyata berdiri juga membuat pendengaran jadi lebih jernih.

Ini bisa jadi kesempatan untuk menambah langkah, terutama jika kamu sambil berjalan di sekitar ruangan.

2. Bangun Pagi untuk Jalan ke Kantor

Jika letak kantor Anda tidak begitu jauh dari rumah, tak ada salahnya untuk berjalan kaki.

Namun jika Anda menggunakan transportasi umum, cobalah untuk turun beberapa meter lebih jauh dari kantor.

Cara ini akan memaksa Anda akan berjalan kaki lebih banyak, tanpa harus menyisihkan waktu khusus untuk olahraga. 

3. Berjalan ke Meja Rekan Kerja

Bagi Anda pekerja kantoran juga tetap dapat menambah jumlah langkah. Misalnya dengan berjalan ke meja rekan kerja. 

Meski di era digital ini, sebagian orang cenderung mengandalkan email atau telepon untuk berkomunikasi. Namun, jika memungkinkan, cobalah berjalan ke meja rekan kerja untuk menyampaikan pesan. Tidak hanya menambah langkah, cara ini juga bisa mempererat hubungan kerja dan mengurangi risiko penyakit akibat duduk terlalu lama.

4. Lakukan Kegiatan yang Melibatkan Gerakan Lebih Banyak

Ada banyak aktivitas sehari-hari yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan gerakan tubuh, termasuk di kantor. Misalnya cobalah lebih aktif menyapa rekan sekerja atau sekedar berjalan kaki ke tempat makan siang dekat kantor saat jam istirahat.


Tag