Mulai Ramai Penumpang, Warga Sebut Teman Bus Nyaman dan Murah - Celebesmedia

Mulai Ramai Penumpang, Warga Sebut Teman Bus Nyaman dan Murah

Rini - 05 August 2024 11:01 WIB

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Teman Bus Mamminasata mulai ramai penumpang. Bus ini menjadi moda transportasi umum di Makassar, Gowa, hingga Maros. Bus ini melayani 3 rute per Agustus 2024 ini

Koridor pertama, rute Mall Panakkukang ke arah Pelabuhan Galesong. Koridor dua mulai melayani rute dari Kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) ke Stasiun Mandai.

Koridor dua ini juga melayani penumpang yang ingin ke Bandara Sultan Hasanuddin. Nantinya, teman bus koridor dua akan singgah di terminal keberangkatan Bandara Sultan Hasanuddin dan juga terminal kedatangan.

Koridor tiga menghubungkan Makassar-Gowa yakni antara Kampus Unhas Tamalanrea ke Kampus Teknik Unhas Gowa.

Meski sebelumnya sempat sepi penumpang namun saat ini sudah kembali ramai.

Salah seorang penumpang, Anti mengatakan lebih senang menggunakan Teman Bus Trans Mamminasata karena harganya murah dan nyaman.

"Saya sering naik ini (teman bus). Apalagi kalau dari Bandara karena murah dan nyaman, satu kali jalan cuma Rp4.600. Hari ini saya dari Bandara mau ke Gowa. Hanya ternyata ada rute baru jadi singgah dulu di Unhas," jelasnya kepada Celebesmedia.id, Senin (5/8).

Senada dengan pernyataan Anti, penumpang lainnya Ita, senang naik teman bus. Warga Rappocini ini mengaku baru pertama kali naik Bus Tans Mamminasata.

"Saya mau ke Mall Panakkukang dari rute Stasiun kereta Api di Mandai tadi. Ini pertama kali saya naik bus ini. Ternyata nyaman, dingin ada AC nya. Bersih juga," katanya.

"Saya pikir bakalan sepi kalau naik bus ini. Tapi ternyata penuh, ramai penumpangnya. Untung saya dapat kursi," sambungnya.

Sebelumnya Teman Bus Trans Mamminasata sempat sepi penumpang hingga harus menutup 2 koridor dari 4 koridor awal yang disiapkan.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Sulsel telah menghentikan operasional Teman Bus untuk Koridor 3 dan 4. Per 1 Januari 2024. 

Koridor 3 melayani Kampus 2 PNUPD – PIP dan Koridor 4 melayani rute Kampus Teknik Unhas Gowa – Panakukang Square tidak lagi beroperasi. 

Sementara koridor yang masih beroperasi yakni Koridor 1 yang melayani rute Panakukang Square – Pelabuhan Galesong serta Koridor 2 yang melayani rute Mall Panakukang – Bandara Sultan Hasanuddin. 

Namun saat ini khusus koridor Mall Panakkukang - Bandara Sulatan Hasanuddin berubah rute ke Unhas - Stasiun Mandai dan kembali ada penambahan koridor 3 dengan rute Unhas Tamanrea ke Unhas Gowa.

Tag