Macam-Macam Penyerbukan Berdasarkan Asal Serbuk Sarinya - Celebesmedia

Macam-Macam Penyerbukan Berdasarkan Asal Serbuk Sarinya

CITIZEN - 13 September 2022 07:50 WIB

CELEBESMEDIA.ID : Makassar - Penyerbukan adalah peristiwa jatuhnya serbuk sari (polen) pada permukaan stigma (kepala putik). Penyerbukan berdasarkan asal serbuk sarinya dibedakan menjadi 4, yaitu penyerbukan sendiri (autogami), penyerbukan tetangga (geitogami), penyerbukan silang (alogami), dan penyerbukan bastar (hybridogamy).


Penyerbukan pada Tumbuhan Berdasarkan Asal Serbuk Sari

1. Penyerbukan Sendiri (Autogami)

Penyerbukan sendiri atau autogami adalah penyerbukan pada bunga yang serbuk sarinya berasal dari bunga itu sendiri. Penyerbukan autogami umumnya tidak menghasilkan keturunan bervariasi. Penyerbukan ini terjadi pada bunga yang memiliki serbuk sari sendiri.

Bunga yang melakukan autogami biasanya termasuk bunga sempurna yang memiliki kelamin jantan dan betina atau disebut juga sebagai hermaprodit.

Contoh tumbuhan yang melakukan penyerbukan sendiri adalah bunga sepatu, bunga telang, dan bunga turi.


2. Penyerbukan Tetangga (Geitonogami)

Penyerbukan tetangga atau geitonogami adalah penyerbukan pada bunga yang serbuk sarinya berasal dari bunga lain pada tumbuhan tersebut. Penyerbukan tetangga terjadi karena bunga jantan dan bunga betina pada tumbuhan tersebut tidak berada dalam satu bunga.

Penyerbukan ini biasanya terjadi pada bunga-bunga yang masih berasal dari tumbuhan yang sama. Serbuk sari jatuh ke kepala putik ke bunga lain, tapi bunga itu masih berada di tumbuhan yang sama.

Contoh tumbuhan yang melakukan penyerbukan tetangga adalah padi, jagung, kelapa dan kelapa sawit.


3. Penyerbukan Silang (Alogami)

Penyerbukan Silang atau alogami adalah penyerbukan pada bunga yang serbuk sarinya berasal dari bunga lain yang masih sejenis. 

Penyerbukan ini menimbulkan keturunan yang bervariasi, karena terjadi perpaduan sifat dari dua tumbuhan induknya. Semua tumbuhan bisa melakukan penyerbukan ini dengan bantuan manusia. 

Contoh penyerbukan silang yaitu persilangan antara bunga merah dengan bunga putih dapat menghasilkan bunga merah, merah muda, dan putih.


4. Penyerbukan Bastar (Hybridogamy)

Penyerbukan Bastar atau hybridogamy adalah penyerbukan pada suatu bunga yang serbuk sarinya berasal dari bunga lain pada tumbuhan lainnya yang berbeda jenis atau sekurang-kurangnya mempunyai satu sifat beda.

Contoh Penyerbukan Bastar adalah serbuk sari jambu batu berdaging merah jatuh pada putik dari jambu batu berdaging putih.

Tag