Seragam Satpam Berganti Lagi, Warnanya Krem Berlaku Tahun 2023 - Celebesmedia

Seragam Satpam Berganti Lagi, Warnanya Krem Berlaku Tahun 2023

Rini - 03 February 2022 10:50 WIB

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Seragam satuan pengamanan (satpam) kembali berganti. Warna seragam Satpam yang berwarna cokelat diubah menjadi warna krem. Polri memperkenalkan seragam terbaru satpam ini pada Rabu (2/2/2022) dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satpam ke-41. 

Melansir Antaranews, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan menyebutkan, Upacara HUT Ke-41 Satpam itu sekaligus mengenalkan warna seragam baru satpam yang berganti dari warga cokelat muda menjadi warna krem.

“Iya betul, tanggal 2 Februari dikenalkan (seragam baru, Red),” kata Ramadhan.

Seragam baru ini akan mulai diberlakukan tahun 2023. Sebelumnya, Polri telah menginformasikan rencana perubahan warga seragam satpam menjadi krem sejak pertengahan Januari 2022.

Alasan perubahan warga seragam satpam ini, karena seragam yang saat ini digunakan mirip dengan seragam anggota Polri. Kemiripan ini menimbulkan kebingungan di masyarakat yang sulit membedakan antara polisi dan petugas satpam.

Sejak dibentuk pada tahun 1980, satpam setidaknya telah mengalami perubahan wajah seragam sebanyak tiga kali. Warna seragam yang pertama yakni putih-biru. Seragam ini digunakan oleh satpam setidaknya selama 40 tahun, terhitung sejak 1980 hingga 2020. Seragam putih-biru satpam tak lagi digunakan sejak awal tahun 2021 dan berganti menjadi warna coklat mirip seragam polisi. Kemudian diubah lagi menjadi krem kecoklatan. 

Tag