SYL Jalani Pemeriksaan di Bawaslu Makassar Selama 30 Menit

Syahrul Yasin Limpo usai diperiksa di Bawaslu Makassar / foto: Akbar Nur Qadri

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Mantan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo (SYL), memenuhi panggilan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Makassar. Ia datang ke kantor Bawaslu Makassar di Jalan Anggrek Raya, Paropo, Panakkukang, Makassar, Selasa (16/4/2019) sore.

SYL tiba di kantor Bawaslu Makassar pada pukul 16.00 Wita. Setelah menjalani pemeriksaan, mantan bupati Gowa ini meninggalkan kantor Bawaslu Makassar sekitar pukul 16.45 Wita.

SYL mengatakan bahwa pemeriksaan terhadap dirinya untuk memberikan klarifikasi soal deklarasi dukungan terhadap Capres-Cawapres 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Wisma Negara Kawasan CPI, Jalan Metro, tanjung Bunga, Tamalate, Kota Makassar, 17 Maret lalu.

"Saya diminta datang, yah saya datang, dan diminta untuk memberi klarifikasi tentang penyelanggara deklarasi dukungan untuk Pak Jokowi di CPI," singkat Syahrul.

Sementara itu, dikonfirmasi berbeda, Komisioner Divisi Penindakan Pelanggaran Pemilu Bawaslu Kota Makassar, Sri Wahyuningsih, mengatakan pemeriksaan terhadap SYL untuk memberikan keterangan terkait adanya dugaan pelanggaran pemilu yang memobilisasi Aparatur Sipil Negara (ASN).

 Menurut Sri,  pemeriksaan terhadap SYL berjalan selama kurang lebih 30 menit dan dicecar  15 pertanyaan.

"Pemeriksaan ini dilakukan terhadap pak SYL untuk memberikan klarifikasi terkait temuan kami, soal adanya dugaan  pelanggaran pemilu saat deklarasi dukungan untuk paslon 01 di CPI yang diduga melibatkan ASN (Aparatur Sipil Negara). Kami periksa beliau (SYL) karena saat deklarasi beliau ada di sana, " kata Sri.

Selain itu, lanjut Sri, untuk  lebih mendalami temuan Bawaslu Makassar, pihaknya akan melakukan pemeriksaan terhadap ASN yang juga ikut terlibat saat deklarasi mendukung Capres 01.

"Untuk selanjutnya, kami akan melakukan pemanggilan terhadap beberapa ASN yang ikut deklarasi saat itu," kata Sri.