Peringatan Dini BMKG: Cuaca Ekstrem Landa Sulsel 1-6 Maret 2023

Ilustrasi - (foto by pixabay)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Cuaca ekstrem berpotensi terjadi di sejumlah kabupaten di Sulsel mulai Rabu (1/3) hingga sepekan kedepan Senin (6/3).

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah IV Makassar memprediksi khusus wilayah Makassar potensi hujan lebat hingga sangat lebat akan menerjang Rabu hari ini. Selain beberapa kabupaten di sekitarnya juga akan diguyut hujan lebat.

"Pada tanggal 1 Maret 2023 terdapat potensi hujan lebat - sangat lebat di Kabupaten Barru, Pangkep, Maros, Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto dan Kepulauan Selayar," jelas  Irwan Slamet, Kepala BMKG wilayah IV Makassar dalam keterangan tertulisnya yang diterima CELEBESMEDIA.ID, Rabu (1/3).

Pusat tekanan rendah terpantau di Autralia bagian utara yang menyebabkan daerah low level jet dan konvergensi di sekitar Sulawesi Selatan. Hal ini menyebabkan beberapa kabupaten akan dilanda cuaca ekstrem yakni hujan snagat lebat disertai petir dan juga angin kencang.

"Labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal terdapat di wilayah Sulawesi Selatan," lanjutnya.

Pada Kamis 2 Maret 2023, hujan sedang hingga lebat yang disertai angin kencang dan kilat berpotensi terjadi di Luwu Timur, Luwu Utara, Palopo, Luwu, Toraja Utara, Tana Toraja, Pinrang, Parepare, Bone, Soppeng, Barru, Pangkep, Maros, Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, Sinjai dan Selayar.

Sedangkan Jumat (3/3) hingga Senin (6/3) potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai angin kencang dan kilat diprediksi terjadi di Luwu Utara, Palopo, Luwu, Toraja Utara, Enrekang, Sidrap Pinrang, Parepare, Soppeng, Barru, Pangkep, Maros, Makassar, Gowa dan Takalar.

"Angin kencang juga berpotensi terjadi di pesisir barat dan selatan Sulsel pada Kamis 2 Maret. Sedangkan Jumat 3 Maret hingga Senin depan angin kencang berpotensi terjadi di pesisir selatan Sulsel," tutup Irwan Slamet.