Kekeringan akan Melanda Sulsel, Juni hingga September 2024

Ilustrasi - (foto by freepik)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan kekeringan mulai melanda sejumlah wilayah Indonesia, termasuk di Sulawesi Selatan. 

Kekeringan ini diprediksi mukai terjadi pada medio Juni hingga September 2024.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan curah huja  sebagian wioayah di Indoensia termasuk Sulsel akan sangat rendah periode Juni hingga September nanti. 

"Potensi kekeringan untuk beberapa bulan kedepan, prediksi curah hujan dan sifat hujan bulanan menunjukkan bahwa kondisi kekeringan selama musim kemarau akan mendominasi hingga September. Derah dengan potensi curah hujan bulanan sangat rendah kurang dari 50 mm per bulan perlu mendapatkan perhatian khusus untuk mitigasi dampak kekeringan," mengutip pernyataan Dwikorita pada akun resmi BMKG, Rabu (29/5).

Tidak hanya Sulsel, Dwikora menjabarkan beberapa wilayah lainnya di Indonesia juga diprediksi akan terdampak kekeringan.

"Daerah dengan curah hujan di bawah 50 milimeter per bulan meliputi sebagian Lampung, pulau Jawa, Bali, Nusa tenggara Barat dan Nusa tenggara Timur serta sebagian Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara," lanjutnya.

Dwi mengungkapkan, pihaknya sudah melaporkan prakiraan cuaca dan iklim tersebut kepada Presiden Joko Widodo supaya risiko dan dampak yang ditimbulkan dapat diantisipasi dan diminimalisir sekecil mungkin.  

"Sehingga, kesiapsiagaan dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah mendesak perlu terus dilakukan karena juga di sebagian wilayah Indonesia lain beberapa waktu ke depan masih mengalami hujan yang berpotensi berdampak pada bencana hidro-meteorologi basah, seperti banjir, banjir bandang, banjir lahar dan longsor," katanya.